PROSES ADJEKTIVALISASI PADA LES CONTES DE MADAME AULNOY


Wisnu Anggara, 2311414025 (2020) PROSES ADJEKTIVALISASI PADA LES CONTES DE MADAME AULNOY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROSES ADJEKTIVALISASI PADA LES CONTES DE  MADAME AULNOY] PDF (PROSES ADJEKTIVALISASI PADA LES CONTES DE MADAME AULNOY)
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses morfologis adjektivalisasi dari verba dalam bahasa Prancis dan mendeskripsikan makna pada adjektiva yang berasal dari verba. Objek dalam penelitian ini yaitu adjektiva yang berasal dari verba dan mengalami perubahan makna. Data penelitian di peroleh dari Les Contes de Madame Aulnoy. Untuk penyediaan data, peneliti menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dengan dilanjutkan menggunakan teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Metode analisis yang digunakan adalah metode agih, dengan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL) dan teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik lesap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adjektivalisasi verba dalam bahasa Prancis dapat terjadi dengan penambahan afiks derivasional, yaitu sufiks {- able/ible}, {-eus/euse}, {-ant/ante}, {-if/ive}, dan juga konfiks {in-, -able}, {in-, - ible}, dan {im-, -able}. Makna yang terbentuk dari derivasi verba menjadi adjektiva adalah makna “tidak” ketika mendapatkan afiks {in-} dan memiliki makna “dapat dilakukan” ketika mendapatkan sufiks {-able}.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adjektivalisasi, Les Contes de Madame Aulnoy, Morfosintaksis
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:56
Last Modified: 11 Jan 2022 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48276

Actions (login required)

View Item View Item