PELANGGARAN PRINSIP KERJASAMA DAN IMPLIKATUR DALAM FILM LES CHORISTES KARYA CHRISTOPHE BARRATIER


Wida Amalia Pudyastuti, 2311413053 (2020) PELANGGARAN PRINSIP KERJASAMA DAN IMPLIKATUR DALAM FILM LES CHORISTES KARYA CHRISTOPHE BARRATIER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELANGGARAN PRINSIP KERJASAMA DAN IMPLIKATUR DALAM  FILM LES CHORISTES KARYA CHRISTOPHE BARRATIER] PDF (PELANGGARAN PRINSIP KERJASAMA DAN IMPLIKATUR DALAM FILM LES CHORISTES KARYA CHRISTOPHE BARRATIER)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) pelanggaran prinsip kerjasama dan 2) implikatur yang timbul akibat pelanggaran prinsip kerjasama yang dilakukan para tokoh dalam film Les Choristes. Data penelitian ini adalah semua tuturan yang diduga mengandung pelanggaran prinsip kerja sama dalam film tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik sadap dan teknik lanjutan yaitu teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik catat. Untuk menganalisis pelanggaran prinsip kerja sama digunakan metode padan pragmatis dengan menggunakan teknik pilah unsur penentu (PUP) sebagai teknik dasar dan teknik hubung banding menyamakan (HBS) sebagai teknik lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pelanggaran prinsip kerjasama dalam film Les Choristes yang meliputi pelanggaran maksim kualitas (9 data), maksim kuantitas (3 data), maksim relevansi (5 data), dan maksim cara (3 data). Terdapat implikatur yang timbul akibat pelanggaran dalam film Les Choristes, yaitu untuk mengingatkan kembali (1 data), menolak perintah (1 data), menolak menjawab (3 data), tidak mempercayai mitra tutur (1 data), mengabaikan suatu hal (2 data), berbohong kepada mitra tutur (6 data), menambahkan informasi kepada mitra tutur (2 data), bersumpah (1 data), mengalihkan pembicaraan (2 data), membuat alasan (1 data), dan menuduh (1 data). Berdasarkan data tersebut pelanggaran prinsip kerjasama yang paling dominan adalah maksim kualitas dan implikatur dengan maksud “berbohong” yang paling sering mucul dalam film tersebut dengan. Hal ini berkaitan dengan tokoh dalam film memiliki tujuan yaitu sebagai bentuk tindakan melindungi orang lain, karena tokoh bernama Clement Mathieu sebagai tokoh utama ingin melindungi murid�murid Fond-de-l’Etang dari hukuman yang diberikan oleh Kepala Sekolah Rachin yang kejam. Dia berpikir bahwa hukuman tidak akan membuat anak-anak patuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pelanggaran prinsip kerja sama, implikatur
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:50
Last Modified: 11 Jan 2022 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48274

Actions (login required)

View Item View Item