PRAKTIK SOSIAL DALAM ROMAN LA BOÎTE À MERVEILLES KARYA AHMED SEFRIOUI : KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK PIERRE BOURDIEU


Rahman Fadlillah, 2311413037 (2020) PRAKTIK SOSIAL DALAM ROMAN LA BOÎTE À MERVEILLES KARYA AHMED SEFRIOUI : KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK PIERRE BOURDIEU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRAKTIK SOSIAL DALAM ROMAN LA BOÎTE À MERVEILLES KARYA  AHMED SEFRIOUI : KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK PIERRE BOURDIEU] PDF (PRAKTIK SOSIAL DALAM ROMAN LA BOÎTE À MERVEILLES KARYA AHMED SEFRIOUI : KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK PIERRE BOURDIEU)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

La Boîte À Merveilles merupakan roman karya Ahmed Sefrioui yang terbit pada tahun 1954. Roman ini menceritakan tentang kehidupan orang – orang di sekitar Sidi Muhammed, anak berumur enam tahun yang memiliki karakter pemalu dan keterikatan dengan sebuah kotak ajaib miliknya. Penelitian ini menggunakan teori strukturalisme genetik Pierre Bourdieu untuk menganalisis roman La Boîte À Merveilles. Roman ini mempunyai alur dan sebuah struktur cerita. Sebuah roman yang mempunyai sebuah struktur di dalamnya, bisa ditelaah menggunakan teori struktural. Teori struktural yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu. Melalui konsep habitus, arena, dan modal, Bourdieu mengintegrasikan objektivisme (yang mengedepankan peran struktur objektif dalam praktik sosial) dan subjektivisme (yang mengedepankan peran agen dalam praktik sosial). Bourdieu merumuskan teori praktik sosial dengan persamaan: (Habitus x Modal) + Arena = Praktik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dengan teknik membaca dan mencatat. Sementara, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis objektif. Berdasarkan hasil analisis ini, bisa disimpulkan bahwa hubungan antara habitus, modal, dan arena yang terdapat dalam roman La Boîte À Merveilles membentuk suatu praktik sosial di mana di dalam arena terdapat pertaruhan, kekuatan – kekuatan, tokoh yang banyak memiliki modal, serta tokoh yang tidak memiliki modal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: La Boîte À Merveilles,Pierre Bourdieu , habitus, modal, praktik.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:40
Last Modified: 11 Jan 2022 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48272

Actions (login required)

View Item View Item