REPRESENTASI WANITA DALAM BERITA KEKERASAN PADA MEDIA ELEKTRONIK PRANCIS DALAM PERSPEKTIF ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS


Dimas Agustian, 2311413030 (2020) REPRESENTASI WANITA DALAM BERITA KEKERASAN PADA MEDIA ELEKTRONIK PRANCIS DALAM PERSPEKTIF ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REPRESENTASI WANITA DALAM BERITA KEKERASAN  PADA MEDIA ELEKTRONIK PRANCIS DALAM PERSPEKTIF  ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS] PDF (REPRESENTASI WANITA DALAM BERITA KEKERASAN PADA MEDIA ELEKTRONIK PRANCIS DALAM PERSPEKTIF ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, praktik wacana sangat sering dijumpai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menginterpretasikan dan menjelaskan praktik wacana yang terjadi di beberapa media elektronik Prancis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan praktik wacana seperti praktik kekuasaan, praktik hegemoni, praktik ideologi dan unsur-unsur lain yang mengintervensi sebuah wacana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap dan teknik catat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat 18 data yang berisi praktik wacana. wartawan mempraktikkan wacana secara bias, wartawan juga memarjinalkan wanita dan, wartawan memposisikan pembaca sesuai keinginan. Berdasarkan hasil analisis, bentuk-bentuk praktik diskursif yang terjadi sesuai dengan karakteristik analisis wacana kritis dalam model sara mills.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis wacana kritis, Sara Mills, Bias gender, marjinal
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Gender
P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:31
Last Modified: 11 Jan 2022 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48271

Actions (login required)

View Item View Item