REPRESENTASI MAKNA TANDA DALAM FILM LA FAMILLE BELIER KARYA ÉRIC LARTIGAU : KAJIAN DARI PERSPEKTIF SEMIOTIKA ROLAND BARTHES


Nuryani Vidya Rizki Gustiana, 2311416035 (2020) REPRESENTASI MAKNA TANDA DALAM FILM LA FAMILLE BELIER KARYA ÉRIC LARTIGAU : KAJIAN DARI PERSPEKTIF SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REPRESENTASI MAKNA TANDA DALAM FILM LA FAMILLE BELIER KARYA ÉRIC LARTIGAU : KAJIAN DARI PERSPEKTIF SEMIOTIKA  ROLAND BARTHES] PDF (REPRESENTASI MAKNA TANDA DALAM FILM LA FAMILLE BELIER KARYA ÉRIC LARTIGAU : KAJIAN DARI PERSPEKTIF SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

La Famille Bélier merupakan salah satu film yang ber-genre drama komedi. Film ini diproduksi oleh Mars Film pada tahun 2014 dan disutradarai oleh Éric Lartigau. Film ini bercerita tentang sebuah keluarga bisu dan tuli yang tinggal disuatu desa kecil di Prancis (Châteaux). Setiap hari keluarga Bélier berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.Paula adalah anak pertama dari pasangan Bélier. Ia merupakan satu-satunyayang dapat berbicara dan mendengar dengan normal. Ia menjadi penerjemah untuk keluarganya ketika mereka berinteraksi dengan masyarakat. Pro dan kontra pun terjadi ketika ia harus memilih untuk melanjutkan pendidikannya atau tetap memilih tinggal dengan keluarganya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tanda denotasi dan konotasi yang direpresentasikan melalui para tokoh pemainnyaa. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan analisis semiotika Roland Barthes, dimana ada lima klasifikasi dalam menganalisisnya: 1). Gesture, 2). Ucapan, 3). Suara, 4). Ekspresi Wajah, 5). Perilaku. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini ialah menemukan makna denotasi dan konotasi pada film La Famille Bélier. Film ini memberikan pemahaman kepada kita tentang pentingnya sikap optimisme, pantang menyerah, dan menghormati orang tua. Dalam film ini juga terdapat pesan, yakni kunci dari kesuksesan adalah kerja keras serta doa restu orang tua, karena sebuah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Denotasi, Konotasi, Semiotika, La Famiile Bélier.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:18
Last Modified: 11 Jan 2022 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48269

Actions (login required)

View Item View Item