PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA MA/SMA KELAS XI DI KOTA SEMARANG


Nida Aula Afina, 2303417025 (2021) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA MA/SMA KELAS XI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT  DIVISIONS) UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB  SISWA MA/SMA KELAS XI DI KOTA SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA MA/SMA KELAS XI DI KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab yang belum memaksimalkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran membuat antusias siswa terhadap pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab rendah. Ketika siswa belum paham terhadap materi, siswa seringkali merasa malu dan takut jika ingin bertanya langsung kepada guru, sehingga siswa tidak dapat memahami materi dengan baik. Kerjasama antar siswa dalam belajar berkelompok di kelas pun masih belum terlaksana dengan baik, seringkali masih ada rasa persaingan yang tidak berarti antar siswa. Siswa pun merasa terlalu cemas ketika menjawab soal ujian yang diberikan guru, karena dirasa bentuk ujian yang terlalu kaku. Apresiasi kepada siswa yang mendapatkan nilai tinggi juga belum diperhatikan secara maksimal. Oleh karena itu, pengembangan metode pembelajaran berbasis kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk keterampilan menyimak bahasa Arab Siswa MA/SMA Kelas XI sangat dibutuhkan agar siswa dapat saling bekerja sama dengan baik dalam membantu memahami materi satu sama lain, dan tentunya akan membuat antusias siswa meningkat terhadap pembelajaran bahasa Arab, sehingga pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab akan jauh lebih baik. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu (1) analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk keterampilan menyimak bahasa Arab, (2) purwarupa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk keterampilan menyimak bahasa Arab, dan (3) validasi ahli dan praktisi pengajaran bahasa Arab terhadap purwarupa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk keterampilan menyimak bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method/kuantilatif, dan menggunakan desain penelitian research and development (R&D) model Hannafin & Peck. Peniliti hanya menyelesaikan sampai tahap kedua, yaitu tahap revisi setelah validasi guru dan ahli. Hasil penelitian ini adalah guru dan siswa membutuhkan metode pembelajaran yang dapat memaksimalkan pemahaman materi dan dapat menghidupkan suasana pembelajaran yang nyaman dan aman. Purwarupa metode pembelajaran dibukukan dengan bentuk booklet. Kemudian penilaian ahli metode pembelajaran, ahli pembelajaran bahasa Arab, dan guru sebagai praktisi terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk keterampilan menyimak bahasa Arab Siswa MA/SMA Kelas XI ini layak dengan predikat bagus dalam aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, maupun metode dengan total nilai 353.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode, Kooperatif, STAD, Keterampilan Menyimak
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
P Language and Literature > PJ Semitic
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:12
Last Modified: 11 Jan 2022 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48268

Actions (login required)

View Item View Item