Churuf al Jazm (Partikel Jusif) pada Fi’il (Verba) dalam Al Qur’an Juz 1-5 (Analisis Sintaksis)


Nailil Chusna, 2303416055 (2020) Churuf al Jazm (Partikel Jusif) pada Fi’il (Verba) dalam Al Qur’an Juz 1-5 (Analisis Sintaksis). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Churuf al Jazm (Partikel Jusif) pada Fi’il (Verba)  dalam Al Qur’an Juz 1-5  (Analisis Sintaksis)] PDF (Churuf al Jazm (Partikel Jusif) pada Fi’il (Verba) dalam Al Qur’an Juz 1-5 (Analisis Sintaksis))
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kajian yang ada dalam sintaksis salah satunya adalah berkaitan dengan posisi dan peran kalimat churuf (partikel). Salah satunya ialah huruf jazm (partikel jusif) yang menyertai fi’il mudhori’ (verba imperfektum), sehingga kajian ini sedikit komplek dengan terlibatnya churuf (partikel) dan fi’il (verba) dalam satu pembahasan. Al Qur’an juz 1-5 dipilih sebagai objek kajian karena mengandung banyak data yaitu berupa churuf jazem (partikel jusif) dan fi’il mudhori’ (verba imperfektum). Dalam penelitian ini, i’rab yang menjadi salah satu kajian dari sintaksis akan dibahas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja charf al jazem (partikel jusif) dan jenis-jenisnya yang memberikan akibat perubahan i’rab pada suatu susunan kalimat yang terdapat di dalam Al-Qur’an juz 1-5. Khususnya ialah salah satu i’rab 4. Yaitu i’rab jazem (modus jusif). Penelitian ini terrmasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan kartu data dan lembar rekapitulasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam Al-Qur’an juz 1-5 terdapat 7 harf/amil jazm yang meng i’rabi fi’il (verba) dengan rincian sebagai berikut: harf lam ( لم(َ45 data , harf Laa Nahi (اهيةّالن ال(62 data, harf lam amr (أمرْالم(15 data, harf in (نِ إ(41 data, harf man ( من(َ27 data, harf mā ( ما )َ7 ْْ) ينَمَا) ainamā Harf, data َأ 2 data. Total jumlah data ialah 198 data. Dari 198 data, terdapat 120 harf/amil yang meng i’rabi satu fi’il (verba) dan 78 harf/amil jazem yang meng i’rabi dua fi’il (verba). Adapun tanda/alamat (desinen) sebuah kalimat telah mengalami proses i’rab (infleksi) jazem (modus jusif) ialah terdapat tiga tanda, yaitu: sukun, penanggalan huruf nun dan penanggalan huruf ‘ilat (huruf defekif). Data yang menunjukkan kalimat ber desinen sukun ialah 67 data, 106 data yang menunjukkan fi’il ber i’rob jazem (verba bermodus jusif) dengan tanda penanggalan huruf nun dan 16 data yang menunjukkan fi’il ber i’rob jazem (verba bermodus jusif) dengan tanda penanggalan huruf ‘ilat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: l Qur’an, I’rab (Infleksi), harf (Partikel), fi’il mudhori’ (verba imperfektum), Sintaksis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PJ Semitic
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:56
Last Modified: 10 Jan 2022 07:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48265

Actions (login required)

View Item View Item