PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ABBI (ARABIC RUBIK) UNTUK PENGENALAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA ANAK TK B DI KOTA SEMARANG


Rizanatul Fitri, 2303416053 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ABBI (ARABIC RUBIK) UNTUK PENGENALAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA ANAK TK B DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ABBI (ARABIC RUBIK)  UNTUK PENGENALAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA  ANAK TK B DI KOTA SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ABBI (ARABIC RUBIK) UNTUK PENGENALAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA ANAK TK B DI KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan kurangnya pemahaman guru dalam mengidentifikasi gaya belajar siswanya. Sehingga gaya belajar anak tidak TK kelas B khususnya dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab tidak terpenuhi. Hal tersebut mengakibatkan tumbuh kembang anak menjadi terganggu. Permasalahan yang diangkat dalampenelitian ini yakni bagaimana analyze, design, develop, implement dan evaluate media pembelajaran ABBI (Arabic Rubik) untuk pengenalan kosakata bahasa Arab pada anak TK Kelas B di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (analyze, design, develop, implement dan evaluate) oleh Branch (2009) dengan subjek penelitian anak TK kelas B di kota Semarang. Dalam pengambilan data, peneliti melakukan observasi di delapan sekolah di kota Semarang, wawancara di tiga sekolah dan melakukan dokumentasi secara daring melalui google form. Skala yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah skala likert dengan rentang 1-4 atau 25-100%. Hasil dari penelitian pengembangan dengan model ADDIE yakni rata-rata prosentase dari hasil pengujian skala kecil (pilot test) dan besar untuk menguji respon pengguna secara keseluruhan adalah 88,82% dengan kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada anak TK kelas B yang berarti media ABBI (Arabic Rubik) dapat menfasiltasi tiga gaya belajar anak TK kelas B dalam mempelajari kosakata bahasa Arab tentang alat komunikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arabic Rubik, ADDIE, Gaya Belajar, Kosakata Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning style
P Language and Literature > PJ Semitic
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:53
Last Modified: 10 Jan 2022 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48264

Actions (login required)

View Item View Item