PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE CAPTIVATE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH


Adam Ghozali Reynaldo Suharto, 2303416012 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE CAPTIVATE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE  CAPTIVATE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE CAPTIVATE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Beberapa siswa Kelas X SMA sederajat mengalami kesulitan membaca dalam bahasa Arab di beberapa sekolah. Diantara sebabnya adalah karena kurangnya variasi media pembelajaran yang diterapkan di kelas. Berdasarkan data statistik penggunaan komputer oleh SDPPPI pada 2016, rentang usia 16-25 tahun adalah pengguna komputer terbesar di Indonesia. Dengan demikian salah satu variasi media pembelajaran yang dapat diterapkan adalah media berbasis komputer. Di antara program media pembelajaran di komputer yang dapat diaplikasikan adalah Adobe Captivate. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap media berbasis Adobe Captivate untuk keterampilan membaca bahasa Arab, (2) menyusun purwarupa media berbasis Adobe Captivate, (3) menerapkan hasil validasi ahli dan guru ke dalam media berbasis Adobe Captivate, dan (4) Untuk menganalisis hasil implementasi dan evaluasi media pembelajaran berbasis Adobe Captivate. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Data penelitian diperoleh dengan teknik nontes. Instrumen nontes yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media berbasis Adobe Captivate, angket kepuasan produk, dan angket SWOT produk lama dan baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kebutuhan guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media pembelajaran untuk keterampilan membaca bahasa Arab berbasis Adobe Captivate, adapun purwarupa media tersebut yaitu berbentuk aplikasi Windows (.exe). Berdasarkan angket analisis kebutuhan guru dan siswa, media berbasis Adobe Captivate ini memuat 3 tema yaitu ،الشخصية البيانات media adalah guru dan ahli Penilaian. المرافق العامة في المدرسة، الحياة في األسرة وفي السكن berbasis Adobe Captivate ini layak/sesuai dalam aspek rekayasa perangkat lunak, aspek audio, maupun aspek visual. Implementasi media ini adalah dengan angket kepuasan produk oleh ahli dan praktisi yang dinyatakan layak/sesuai. Sedangkan evaluasi media ini adalah dengan analisis SWOT produk lama oleh guru dan siswa, serta analisis SWOT produk baru oleh guru dan ahli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Adobe Captivate, dan Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
P Language and Literature > PJ Semitic
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:34
Last Modified: 10 Jan 2022 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48257

Actions (login required)

View Item View Item