ANALISIS KESALAHAN PERUBAHAN KATA KERJA PADA MATA KULIAH BUNPOU CHUKYU ZENHAN TAHUN 2019 / 2020


Sefsafca Diana Hemas, 2302416058 (2020) ANALISIS KESALAHAN PERUBAHAN KATA KERJA PADA MATA KULIAH BUNPOU CHUKYU ZENHAN TAHUN 2019 / 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN PERUBAHAN KATA KERJA  PADA MATA KULIAH BUNPOU CHUKYU ZENHAN TAHUN 2019 / 2020] PDF (ANALISIS KESALAHAN PERUBAHAN KATA KERJA PADA MATA KULIAH BUNPOU CHUKYU ZENHAN TAHUN 2019 / 2020)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Katsuyookei atau sering disebut konjugasi adalah Perubahan bentuk kata kerja yang terjadi pada bagian akhir kata kerja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena banyaknya bentuk konjugasi dalam bahasa Jepang, membuat mahasiswa kesulitan dalam mengubah kata kerja tersebut dan sering tertukar dalam mengubahnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesalahan dan faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam mengubah bentuk kata kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis data kualitatif. sumber data primer dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti Ujian Akhir Semester mata kuliah Bunpou Chukyu Zenhan Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Tahun 2019 / 2020 yang berjumlah 65 orang. Sumber data sekunder dari penelitian ini yaitu dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan terdiri dari 40 soal butir soal tes objektif isian singkat mengenai lima kata kerja ~masu, ~nai, ~rareru, ~rarenaku naru, dan ~tara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bentuk kata kerja yang paling banyak kesalahannya yaitu perubahan ke dalam bentuk potensial (~eru/rareru). Kemudian bentuk kata kerja yang mempunyai sedikit kesalahan yaitu perubahan ke dalam bentuk ~masu. faktor yang dapat menyebabkan kesalahan dalam perubahan kata kerja yaitu : Tertukar dengan perubahan kata kerja lain , salah dalam membaca kanji, tidak memahami soal dimaksud, masih belum paham dalam mengubah kata kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, perubahan kata kerja, bahasa Jepang
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:08
Last Modified: 10 Jan 2022 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48249

Actions (login required)

View Item View Item