ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG KELAS X SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Wisnu Bayu Aji, 2302416048 (2021) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG KELAS X SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN MATA  PELAJARAN BAHASA JEPANG KELAS X SMA NEGERI 1  KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020] PDF (ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG KELAS X SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dengan proses belajar mengajar. Evaluasi dapat dilakukan dengan memberikan ulangan harian, ulangan tengah semester maupun ulangan akhir semester. Untuk mengetahui kualitas ulangan, yaitu dengan menganalisis butir soal. Melalui analisis butir soal, guru dapat memperoleh informasi tentang kelayakan sebuah soal dan petunjuk untuk melakukan perbaikan. Berdasarkan observasi pada saat melaksanakan Program Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 1 Kendal, dari ulangan harian, SMA Negeri 1 Kendal khususnyan kelas X, hasil nilai rata-rata siswa dan wawancara dengan guru bahasa Jepang dari SMA 1 Kendal, hasil ulangan harian peserta didik belum begitu memuaskan. Rata-rata nilai peserta didik adalah 67 dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 80 untuk ulangan harian. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya soal ulangan harian tersebut belum diuji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembedanya dengan baik. Sebuah tes berkualitas baik sebagai alat pengukuran yaitu memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda, maka berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesukaran dan daya beda soal ulangan harian mata pelajaran Bahasa Jepang kelas X di SMA Negeri 1 Kendal dengan menggunakan program Anates versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Validitas butir soal ulangan harian Bahasa Jepang kelas X diperoleh bahwa 11 butir soal kategori soal yang valid. Hal ini terbukti dengan terdapat 11 butir soal yang memiliki kriteria korelasi koefisien cukup, tinggi, dan sangat tinggi. Kemudian sebanyak 9 butir soal kategori soal yang tidak valid. Hal ini terbukti dengan terdapat 9 butir soal yang memiliki kriteria rendah dan sangat rendah. 2) Tingkat kesukaran soal ulangan harian Bahasa Jepang kelas X di peroleh bahwa 2 butir soal memiliki tingkat kesukaran sulit berada dalam kriteria antara 0,00 – 0,30. Kemudian sebanyak 13 butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang dengan kriteria terletak antara 0,31 – 0,70. 2 butir soal memiliki tingkat kesukaran mudah berada dalam kriteria 0,71 – 1,00. Dan 3 butir soal memiliki tingkat kesukaran sangat mudah berada dalam kriteria 0,71 – 1,00. Daya beda soal ulangan harian Bahasa Jepang kelas X di peroleh bahwa sebanyak 10 butir soal memiliki daya beda soal dibuang atau soal tidak dipakai yaitu dalam kriteria 0,00 – 0,19. Ada 4 butir soal memiliki daya beda soal diperbaiki yaitu terletak dalam kreteria 0,20 – 0,29 dan ada 6 butir soal memiliki daya beda soal diterima baik yaitu dalam kreteria 0,40 – 1,00.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Ulangan Harian, Program ANATES Versi 4
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:54
Last Modified: 10 Jan 2022 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48243

Actions (login required)

View Item View Item