ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN ASPEK DAN KALA DALAM KARANGAN MAHASISWA PBJ UNNES SEMESTER VI


Bintang Adil Lia, 2302416043 (2020) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN ASPEK DAN KALA DALAM KARANGAN MAHASISWA PBJ UNNES SEMESTER VI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN ASPEK DAN KALA  DALAM KARANGAN MAHASISWA PBJ UNNES SEMESTER  VI] PDF (ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN ASPEK DAN KALA DALAM KARANGAN MAHASISWA PBJ UNNES SEMESTER VI)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aspek dan kala dalam bahasa Jepang berkaitan dengan waktu kejadian dari suatu kegiatan atau peristiwa. Aspek adalah kategori gramatikal dalam verba yang menyatakan kondisi suatu perbuatan atau kejadian apakah baru dimulai, sedang berlangsung, sudah selesai, atau berulang-ulang (Sutedi, 2011:93). Kesalahan dan kekeliruan merupakan kata yang bersinonim dan bermakna hampir sama. Ghufron (2015:16) menjelaskan bahwa Kesalahan berbahasa disebabkan oleh faktor pemahaman, kemampuan, atau kompetensi. Kekeliruan berbahasa terjadi bukan karena siswa belum menguasai kaidah bahasa. Akan tetapi, dalam menggunakan bahasa yang sedang dipelajari oleh siswa mereka lupa atau keliru dalam menerapkan kaidah bahasa itu. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana kesalahan penggunaan aspek dan kala yang dilakukan oleh mahasiwa Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2017 yang mengikuti mata kuliah sakubun enshu, serta faktor yang menjadi penyebab mahasiswa melakukan kesalahan penggunaan aspek dan kala. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah karangan mahasiswa sakubun enshu dengan tema Kankyou Mondai dengan jumlah data 30 sumber data. Objek data dari penelitian ini berupa kalimat yang mengandung kesalahan aspek dan kala. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak catat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengelompokkan kesalahan kalimat berdasarkan kesalahan aspek atau kesalahan kala. Setelah itu diklasifikasikan jenis kesalahan error (kesalahan) atau mistake (kekeliruan). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 48 data kesalahan aspek dan kala, dimana 27 data merupakan bentuk kesalahan aspek, dan 21 data merupakan bentuk kesalahan kala. Kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa berupa dua jenis yaitu error dan mistake Prosentasi dari error adalah 33,33% dan prosentase mistake adalah 66,67%. Kesalahan mahasiswa dalam menggunakan aspek dan kala dalam menulis karangan meliputi : kesalahan bentuk aspek ru (masu), te iru (te imasu), dan ta (mashita). Penyebab dari error dan mistake yang dialami oleh mahasiswa yaitu Pemahaman, kemampuan, dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa mengenai kaidah aspek dan kala masih kurang; Mahasiswa lupa dalam mengubah atau menerapkan bentuk verba yang sesuai dengan keterangan waktu dan konteks dari kalimat yang bersangkutan.; Mahasiswa belum memahami linguistik bahasa Jepang; Adanya perbedaan sistem linguistik bahasa pertama dengan sistem linguistik bahasa kedua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, kesalahan,karangan, aspek dan kala.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:54
Last Modified: 10 Jan 2022 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48241

Actions (login required)

View Item View Item