ANALISIS RAGAM BAHASA ORANG TUA (ROUJIN-GO) DALAM KOMIK BAHASA JEPANG


Diah Surya Afiyani, 2302416042 (2020) ANALISIS RAGAM BAHASA ORANG TUA (ROUJIN-GO) DALAM KOMIK BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS RAGAM BAHASA ORANG TUA (ROUJIN-GO)  DALAM KOMIK BAHASA JEPANG] PDF (ANALISIS RAGAM BAHASA ORANG TUA (ROUJIN-GO) DALAM KOMIK BAHASA JEPANG)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Jepang memiliki ragam bahasa yang dibedakan berdasarkan usia penuturnya yang dibagi menjadi tiga yaitu youji-go, ryuukoo-go, dan roujin-go. Dalam roujin-go memiliki ciri penggunaan kosakata yang berbau lama dan kuno yang jarang sekali digunakan oleh generasi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penggunaan roujin-go dalam komik Nihon no Rekishi Kinou no Ashita wa karya Tsuboi Kou, serta bertujuan untuk menganalisa fungsi roujin-go yang digunakan pada dialog percakapan dalam komik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Mengambil sumber data dari dialog percakapan yang ada dalam komik Nihon no Rekishi Kinou no Ashita wa karya Tsuboi Kou volume 2, 3, 4, 6, dan 7. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik simak catat. Hasil penelitian menemukan bahwa roujin-go yang terdapat dalam komik Nihon no Rekishi Kinou no Ashita wa terdapat 434 data yang terbagi menjadi 12 jenis roujin-go yang terdiri dari dua jenis akhiran yaitu ‘– ja’「じゃ」sebanyak 152 kalimat, ‘– jatta’「じゃた」sebanyak 2 kalimat; dua jenis shuujoshi yaitu ‘– ja yo’「じゃよ」sebanyak 14 kalimat, ‘– ja na’「じゃな」sebanyak 6 kalimat; satu jenis kata kerja bantu yaitu ‘– nu’「ぬ」sebanyak 28 kalimat; lima jenis kata ganti orang pertama yaitu ‘washi’「わし」sebanyak 113 kalimat, ‘washira’「わ しら」 sebanyak 56 kalimat, ‘warera’ 「 わ れ ら 」 sebanyak 15 kalimat, ‘wareware’「われわれ」sebanyak 4 kalimat, ‘wa ga’「わが」sebanyak 40 kalimat; dan dua jenis kata ganti orang kedua yaitu ‘sonata’ 「そなた」sebanyak 4 kalimat, ‘onushi’「おぬし」sebanyak 1 kalimat. Kedua belas jenis roujin-go tersebut memiliki fungsi sebagai kata ganti orang pertama tunggal dan jamak, kata ganti orang kedua tunggal, menegaskan perasaan yang kuat, menyatakan dugaan atau perkiraan, kata penanda akhir kalimat lampau, kata penanda akhir kalimat positif, dan kata kerja bantu bentuk negatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Penggunaan, Ragam Bahasa Orang Tua (Roujin-go), Komik Jepang
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:45
Last Modified: 10 Jan 2022 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48240

Actions (login required)

View Item View Item