ANALISIS NILAI ETIKA PADA DRAMA JEPANG GOOD DOCTOR


ALVITA RIZKI AMANDA, 2302416034 (2020) ANALISIS NILAI ETIKA PADA DRAMA JEPANG GOOD DOCTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS NILAI ETIKA PADA DRAMA JEPANG GOOD DOCTOR] PDF (ANALISIS NILAI ETIKA PADA DRAMA JEPANG GOOD DOCTOR)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini selain melalui pembelajaran yang ada di kelas, ada pula berbagai macam cara untuk mempelajari etika, yaitu dapat melalui anime, film, dan drama. Dengan adanya pemahaman etika melalui media�media tesebut, masyarakat dapat lebih mudah memahami etika yang ada di dalam suatu wilayah dan negara serta meningkatkan antusias dalam memahami etika yang berlaku. Tujuan Penelitian ini adalah, menganalisis nilai-nilai etika yang ada di dalam drama Jepang Good Doctor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Wujud data berupa dialog dan situasi yang terdapat pada drama tersebut. Teknik yang digunakan adalah teknik simak catat. Data yang telah terkumpul adalah sejumlah 16 data dan mengandung 5 nilai etika baik secara universal maupun menurut Handrix dan Tia. Nilai etika tersebut adalah: meminta maaf, toleransi, berterima kasih, tolong-menolong, dan sopan santun. Nilai-nilai etika tersebut tidak diperoleh dengan instan, namun telah melalui proses pengajaran sejak dini, baik melalui pendidikan di sekolah, lingkungan, maupun pendidikan di dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Etika, Drama, Jepang
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:37
Last Modified: 10 Jan 2022 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48239

Actions (login required)

View Item View Item