TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP NILAI KONSERVASI YANG TERDAPAT DALAM BUKU MARUGOTO


Listia Mayanti, 2302415009 (2019) TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP NILAI KONSERVASI YANG TERDAPAT DALAM BUKU MARUGOTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP NILAI  KONSERVASI YANG TERDAPAT DALAM BUKU  MARUGOTO] PDF (TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP NILAI KONSERVASI YANG TERDAPAT DALAM BUKU MARUGOTO)
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

UNNES merupakan universitas yang berwawasan konservasi. Dalam mewujudkan visi UNNES sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, terdapat 3 pilar konservasi yakni, (1) nilai dan karakter, (2) seni dan budaya, dan (3) sumber daya alam dan lingkungan. Nilai konservasi dapat diketahui melalui buku ajar yang digunakan dalam perkuliahan. Pada tahun 2017 prodi pendidikan bahasa Jepang UNNES menggunakan buku Marugoto A1 Rikai dan Katsudo dalam pembelajaran. Buku ini terbilang cukup baru digunakan dalam pembelajaran, sehingga perlu adanya tanggapan mahasiswa terhadap nilai konservasi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap nilai konservasi dalam buku Marugoto. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan responden sebanyak 58 mahasiswa angkatan 2018 Pendidikan bahasa Jepang UNNES. Teknik pengumpulan data menggunakan kombinasi angket terbuka dan tertutup. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan rata-rata sebanyak 79,46% mahasiswa memberikan tanggapan bahwa di dalam buku Marugoto terdapat nilai dan karakter konservasi (nilai humanis) dan nilai seni dan budaya konservasi yang terdapat di dalam 3 pilar konservasi UNNES.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Mahasiswa, Nilai Konservasi, Buku Marugoto
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:13
Last Modified: 10 Jan 2022 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48233

Actions (login required)

View Item View Item