ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJIAN DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA KULIAH FRANÇAIS ÉCRIT INTRODUCTIF PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Afriant Dinta Pratama, 2301417041 (2021) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJIAN DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA KULIAH FRANÇAIS ÉCRIT INTRODUCTIF PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJIAN DALAM  KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA KULIAH  FRANÇAIS ÉCRIT INTRODUCTIF PENDIDIKAN BAHASA  PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJIAN DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA KULIAH FRANÇAIS ÉCRIT INTRODUCTIF PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Saat melakukan kegiatan pembelajaran, penilaian atau evaluasi pasti setidaknya dilakukan sekali dengan tujuan untuk melihat kemampuan pembelajar sudah meningkat atau belum berdasarkan tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Salah satu aspek yang berkenaan dengan kemampuan hasil belajar adalah aspek kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkatan kognitif yang terdapat dan Kata Kerja Operasional yang terdapat pada soal Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester pada mata kuliah Français Écrit Introductif khususnya pada keterampilan membaca program studi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal ujian tengah semester dan akhir semester pada mata kuliah Français Écrit Introductif khususnya pada keterampilan membaca. Metode dokumentasi merupakan cara mengumpulkan data dari penelitian ini. Butir-butir soal tes tersebut dianalisis berdasarkan Kata Kerja Operasional tingkatan kognitif Anderson melalui kartu data kemudian kumpulan dari tingkatan tersebut dimasukkan ke dalam tabel tabulasi data. Dari analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa 3 tingkatan kognitif diterapkan pada keterampilan membaca di Program studi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang tahun 2020/2021. Tingkatan kognitif yang muncul yakni mengingat (C1), memahami (C2), dan menganalisis (C4) dengan persentase tiap level 35%, 40%, dan 25% untuk soal Ujian Tengah Semester dan 56%, 32 %, dan 12% untuk soal Ujian Akhir Semester. Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah ini menerapkan 50% dari tingkat kognitif. Kata Kerja Operasional yang muncul pada soal Ujian Tengah Semester ditemukan 6 Kata Kerja Operasional, yaitu kata ‘menunjukkan’ dengan presentase 35% (mengingat); ‘menghitung’ dengan presentase 5%, ‘menerjemahkan’ dengan presentase 10%, dan ‘mencocokan’ dengan presentase 25% (memahami), serta ‘mengaitkan’ dengan presentase 20%, ‘menyimpulkan’ dengan presentase 5% (menganalisis). Pada soal Ujian Akhir Semester ditemukan 7 Kata Kerja Operasional, yaitu kata ‘menunjukkan’ dengan presentase 56% (mengingat); ‘mengasosiasikan’ dengan presentase 8%, ‘menerjemahkan’ dengan presentase 4%, ‘mengubah’ dengan presentase 12%, ‘mengkategorikan’ dengan presentase 4%, dan ‘mengontraskan’ dengan presentase 4% (memahami), serta ‘menyimpulkan’ dengan persentase 12% (menganalisis).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa Prancis, keterampilan membaca, tingkatan kognitif, ujian akhir semester, ujian tengah semester
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > interpersonal competence
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > Special Education > Skills Educations
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:00
Last Modified: 10 Jan 2022 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48229

Actions (login required)

View Item View Item