PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK BERBASIS GAMBAR UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS TINGKAT DASAR PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Anisa Dien Rahmawati, 2301416040 (2020) PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK BERBASIS GAMBAR UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS TINGKAT DASAR PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK BERBASIS GAMBAR  UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS TINGKAT  DASAR PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS  UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK BERBASIS GAMBAR UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS TINGKAT DASAR PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa asing, kamus merupakan alat bantu belajar yang paling efektif digunakan untuk memperoleh makna kata. Tahapan pemerolehan makna kata bukan hanya melalui proses terjemahan, tetapi melalui pemberian konteks dan penggunaan benda asli atau gambar. Selain itu, media kamus dengan ilustrasi merupakan salah satu media yang tepat digunakan untuk menstimulasi kemauan dan kemampuan pada siswa. Media kamus dengan ilustrasi dapat merangsang daya tarik siswa untuk membaca karena adanya gambar yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami isi bacaan. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kamus tematik berbasis gambar untuk pembelajaran bahasa Prancis tingkat dasar mahasiswa semester 1. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa semester 1 dan mengembangkan media yang dapat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa khususnya pada pembelajaran bahasa Prancis tingkat dasar serta untuk dosen dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian dan pengembangan atau yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Metode R&D yang digunakan berkaitan dengan penentuan jenis data yang diperoleh sekaligus tentang bagaimana cara memperoleh dan menganalisanya. Secara teoritis, penelitian dan pengembangan (R&D) terdapat 10 langkah, tetapi peneliti hanya menerapkan lima langkah dari kesepuluh langkah tersebut, yaitu; potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa semester satu untuk pembelajaran bahasa Prancis tingkat dasar. Hasil penelitian ini adalah kebutuhan mahasiswa dan dosen terhadap media serta mengembangkan kamus tematik berbasis gambar untuk pembelajaran bahasa Prancis tingkat dasar berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dikemas dalam media audio-visual yang berisikan materi dalam 1 semester. Unité 1 (Rencontre), unite 2 (Portraits), unité 3 (Ça se trouve où), unité 4 (Au rythme du temps), dan unité 5 (La vie de tous les jours). Materi tersebut disesuaikan dengan RPS dan buku Le Nouveau Taxi 1. Kemudian, dikonsultasikan pada ahli untuk mengetahui kekurangannya. Setelah melakukan revisi sesuai saran dan masukan dari catatan ahli, rancangan ini juga divalidasi oleh ahli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kamus tematik bergambar, media pembelajaran, membaca
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:46
Last Modified: 10 Jan 2022 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48227

Actions (login required)

View Item View Item