ANALISIS MULTIMODAL IKLAN SAINT MACLOU – J’AI VU UN TUTO


Siti Mutmainatus Zahro, 2301416039 (2020) ANALISIS MULTIMODAL IKLAN SAINT MACLOU – J’AI VU UN TUTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS MULTIMODAL  IKLAN SAINT MACLOU – J’AI VU UN TUTO] PDF (ANALISIS MULTIMODAL IKLAN SAINT MACLOU – J’AI VU UN TUTO)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu media yang menggunakan dua atau lebih sarana komunikasi, yaitu linguistik dan visual. Kedua sarana komunikasi itu tedapat pada iklan televisi yang memiliki kombinasi interaksi antara bahasa lisan, tulis, dan visual. Oleh karena itu, iklan televisi memiliki kekompleksitasan makna sehingga iklan Saint Maclou – J’ai vu un tuto dapat dianalisis dengan menggunakan analisis multimodal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk komponen linguistik, struktur generik dan interaksi komponen visual & linguistik iklan Saint Maclou – J’ai vu un tuto, serta penerapannya dalam pembelajaran bahasa Prancis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk komponen linguistik struktur, generik dan interaksi komponen visual & linguistik iklan Saint Maclou – J’ai vu un tuto, serta mendeskripsikan penerapannya dalam pembelajaran bahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan teori struktur generik Cheong untuk menganalisis struktur generik (visual) dan teori metafungsi bahasa makna interpersonal oleh Halliday untuk menganalisis komponen linguistik iklan Saint Maclou - J’ai vu un tuto. Hasil penelitian ini yaitu (1) komponen linguistik dari iklan ini yaitu berupa tawaran, pernyataan, perintah, dan pertanyaan. Yang paling dominan adalah bentuk pernyataan. 15 kalimat deklaratif ini lah yang memiliki fungsi memberikan informasi linguistik tentang produk dan layanan unggulan yang ditawarkan Saint Maclou, (2) struktur generik terdiri dari Lead, Display, dan Emblem (verbal), sedangkan komponen linguistik terdiri dari Announcement, Emblem (nonverbal), Enhancer, dan Call and Visit Information. Interaksi antara komponen visual dan linguistik secara bersama-sama mempengaruhi konsumen, (3) Penerapan pembelajaran iklan ini dapat digunakan pada level A1 untuk membantu para pemula dalam mempelajari bahasa Prancis dengan cara yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimodal, iklan televisi, struktur generik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:34
Last Modified: 10 Jan 2022 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48226

Actions (login required)

View Item View Item