SIKAP MAHASISWA SEMESTER 1 TERHADAP KAHOOT SEBAGAI VARIASI EVALUASI PENGUASAAN KOSAKATA PADA MATA KULIAH FRANÇAIS ÉCRIT INTRODUCTIF MATERI (DÉCRIRE QUELQUE CHOSE)


Zeni Widyastuti, 2301416038 (2021) SIKAP MAHASISWA SEMESTER 1 TERHADAP KAHOOT SEBAGAI VARIASI EVALUASI PENGUASAAN KOSAKATA PADA MATA KULIAH FRANÇAIS ÉCRIT INTRODUCTIF MATERI (DÉCRIRE QUELQUE CHOSE). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SIKAP MAHASISWA SEMESTER 1 TERHADAP KAHOOT SEBAGAI VARIASI EVALUASI PENGUASAAN KOSAKATA  PADA MATA KULIAH FRANÇAIS ÉCRIT INTRODUCTIF  MATERI (DÉCRIRE QUELQUE CHOSE)] PDF (SIKAP MAHASISWA SEMESTER 1 TERHADAP KAHOOT SEBAGAI VARIASI EVALUASI PENGUASAAN KOSAKATA PADA MATA KULIAH FRANÇAIS ÉCRIT INTRODUCTIF MATERI (DÉCRIRE QUELQUE CHOSE))
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Evaluasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran, tujuan kegiatan evaluasi adalah untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran termasuk materi, metode, dan media yang digunakan oleh dosen. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk menerapkan game edukasi Kahoot sebagai variasi evaluasi pembelajaran, sehingga akan menciptakan suatu reaksi bagi mahasiswa yang berupa sikap yang dapat berbentuk positif maupun negatif terhadap media tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah sikap mahasiswa semester 1 terhadap Kahoot sebagai variasi evaluasi penguasaan kosakata pada mata kuliah Français Écrit Introductif materi (Décrire quelque chose). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasidan angket. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data berupa bukti angket hasil jawaban mahasiswa, lembar soal evaluasi, daftar nama responden dan foto atau gambar media Kahoot dan metode angket digunakan untuk mengetahui bagaimana sikap mahasiswa semester 1 terhadap Kahoot sebagai variasi evaluasi penguasaan kosa kata pada mata kuliah Français Écrit Introductif materi (Décrire quelque chose). Dan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan satu kali pengetesan dengan rumus Alpha. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat sikap positif (menyukai dan menerima) pada mahasiswa semester 1 terhadap Kahoot sebagai variasi evaluasi penguasaan kosakata pada mata kuliah Français Écrit Introductif materi (Décrire quelque chose). Hal ini dapat dilihat dari hasil angket secara keseluruhan yaitu berada pada interval 3361 – 4200 dan berada pada kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semester 1 lebih cenderung bersikap positif terhadap penggunaan Kahoot sebagai variasi evaluasi, dan dari ketiga komponen pembentuk struktur sikap paling tinggi adalah pada komponen Kognitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Kahoot, Evaluasi, Kosa kata
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:28
Last Modified: 10 Jan 2022 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48225

Actions (login required)

View Item View Item