KENDALA GURU BAHASA PRANCIS SMA SE KABUPATEN PATI DALAM MENGAJAR SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19


Haniatul Mawaddah, 2301416034 (2021) KENDALA GURU BAHASA PRANCIS SMA SE KABUPATEN PATI DALAM MENGAJAR SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KENDALA GURU BAHASA PRANCIS SMA SE KABUPATEN  PATI DALAM MENGAJAR SECARA DARING DI MASA  PANDEMI COVID-19] PDF (KENDALA GURU BAHASA PRANCIS SMA SE KABUPATEN PATI DALAM MENGAJAR SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19)
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)

Abstract

Pada masa pandemi di bidang pendidikan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan pedoman untuk belajar dari rumah selama pandemi, hal tersebut tertulis di dalam Surat Edaran nomor 15 Tahun 2020. Kegiatan belajar dari rumah bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pembelajaran secara daring tentu tidak sama dengan pembelajaran secara langsung, sehingga tidak menutup kemungkinan guru mengalami kendala atau kesulitan dalam mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala dalam kegiatan apa saja yang dialami oleh guru Bahasa Prancis SMA se Kabupaten Pati dalam mengajar secara daring di masa pandemic Covid-19, serta dalam kegiatan apa kendala yang dominan dialami guru Bahasa Prancis SMA se Kabupaten dan dalam kegiatan apa kendala yang sedikit dialami guru Bahasa Prancis SMA se Kabupaten Pati selama mengajar secara daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel pada penelitian ini adalah kendala guru bahasa prancis SMA se Kabupaten Pati dalam mengajar secara daring di masa pandemi Covid-19. Sumber data pada penelitian ini adalah guru Bahasa Prancis se Kabupaten Pati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala mengajar dapat ditemui dalam 3 tahap kegiatan yang harus dilakukan guru yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Kendala dalam kegiatan perencanaan terdapat pada mengembangkan alternatif-alternatif yang sesuai dengan strategi pembelajaran. Kendala dalam kegiatan pelaksanaan terdapat pada menyiapkan peserta didik secara psikis untuk mengikuti proses pembelajaran, dan kendala dalam kegiatan evaluasi terdapat pada mengumpulkan data hasil evaluasi peserta didik. Kemudian, kendala yang dominan dialami guru terdapat pada kegiatan pelaksanaan dan kendala yang paling sedikit dialami oleh guru ada pada kegiatan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kendala guru, mengajar secara daring, covid-19
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
L Education > L Education (General) > difficulty learning
L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:11
Last Modified: 10 Jan 2022 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48223

Actions (login required)

View Item View Item