KESALAHAN PELAFALAN PEMBELAJAR BAHASA PERANCIS PADA UJIAN DELF A1 DAN A2 DI 6 NEGARA


Muhammad Kana Taqiyya, 2301416028 (2020) KESALAHAN PELAFALAN PEMBELAJAR BAHASA PERANCIS PADA UJIAN DELF A1 DAN A2 DI 6 NEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESALAHAN PELAFALAN PEMBELAJAR BAHASA PERANCIS  PADA UJIAN DELF A1 DAN A2 DI 6 NEGARA] PDF (KESALAHAN PELAFALAN PEMBELAJAR BAHASA PERANCIS PADA UJIAN DELF A1 DAN A2 DI 6 NEGARA)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ada banyak perbedaan antara fonem Indonesia dan fonem Prancis. Perbedaan fonem Perancis tentunya juga terjadi pada bahasa negara lain seperti India, Malaysia, Vietnam, Jepang, China bahkan Korea. Perbedaan ini menyebabkan banyak pelajar melakukan kesalahan pengucapan. Penelitian dilakukan pada siswa dari 6 negara yang mengikuti ujian Delf A1 dan A2, karena mereka masih dalam tahap awal belajar bahasa Prancis, sehingga masih banyak terjadi kesalahan pengucapan. Berdasarkan uraian tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti kesalahan pengucapan fonem 6 peserta didik dari 6 negara. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesalahan pelafalan fonem apa saja yang dilakukan pembelajar bahasa Prancis dan kesamaan kesalahan pelafalan yang dilakukan oleh pembelajar dari 6 negara. Selain itu, penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek berjumlah 6 pembelajar dari 6 negara. Objeknya adalah pelafalan fonem bahasa Prancis yang salah yang dilakukan oleh pembelajar. Untuk melihat hasil penelitian ini, penulis mengumpulkan data melalui transkip percakapan pembelajar yang di ambil dari video youtube. Hasil dari analisis ini yaitu hampir semua jenis fonem dilafalkan salah oleh 6 pembelajar dari 6 negara yang sedang melakukan ujian delf A1 dan A2. Kesalahan pelafalan paling banyak dilakukan pembelajar yang melaksanakan ujian delf A1 dibanding dengan yang melaksakanakan ujian delf A2. Kemungkinan pembelajar yang melakukan banyak kesalahan dikarenakan mereka masih berada di level A1. Kesamaan kesalahan pelafalan fonem yang dilafalkan pembelajar dari 6 negara hampir terjadi pada setiap jenis fonem, tetapi yang paling banyak dilakukan oleh pembelajar dari 6 negara adalah kesalahan pelafalan pada fonem konsonan [z] dan [ʒ]. Hampir semua pembelajar melakukan kesalahan pelafalan yang sama pada fonem konsonan tersebut. Kemungkinan fonem tersebut sulit diucapkan karena ada aturan khusus dalam pengucapan bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Pelafalan, Fonem
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Skills Educations
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:53
Last Modified: 10 Jan 2022 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48222

Actions (login required)

View Item View Item