IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN OLEH GURU BAHASA PRANCIS DI KOTA SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19


Iis Kurniasih, 2301416026 (2020) IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN OLEH GURU BAHASA PRANCIS DI KOTA SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN OLEH GURU BAHASA PRANCIS DI KOTA  SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19] PDF (IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN OLEH GURU BAHASA PRANCIS DI KOTA SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan pedoman untuk belajar dari rumah selama pandemi, hal tersebut tertulis di dalam Surat Edaran nomor 15 Tahun 2020. Kegiatan belajar dari rumah bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ketika melakukan proses pembelajaran, media pembelajaran menjadi aspek penting untuk menyampaikan materi dari guru kepada siswa. Saat belajar dari rumah, diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan secara jarak jauh. Maka dari itu dibutuhkan identifikasi media pembelajaran apa saja yang dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Variabel pada penelitian ini adalah identifikasi media yang digunakan oleh guru bahasa Prancis di Kota Semarang. Responden pada penelitian ini adalah guru bahasa Perancis di Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa perancis, mdia yang paling sering digunakan, dan media pembelajaran yang jarang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan adalah: Slide PowerPoint, Gambar, Poster, Foto, Rekaman suara hasil mendownload, Rekaman suara buatan guru, Radio, Televisi, Video hasil mendownload, Video buatan guru, YouTube, Buku ajar, Modul, Handout, Zoom , Google Meeting, Microsoft Teams 365, Kahoot , Quizziz, WhatsApp. Media yang paling sering digunakan adalah aplikasi WhatsApp, dan yang paling jarang digunakan adalah Radio dan Microsoft Teams 365. Guru sebagian besar memakai media pembelajaran golongan tradisional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: identifikasi, media pembelajaran, pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:48
Last Modified: 10 Jan 2022 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48221

Actions (login required)

View Item View Item