SIKAP SISWA SMA DI KOTA SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS


Dicky Sudarmaji, 2301416019 (2021) SIKAP SISWA SMA DI KOTA SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SIKAP SISWA SMA DI KOTA SEMARANG TERHADAP  PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS] PDF (SIKAP SISWA SMA DI KOTA SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sikap adalah ekspresi perasaan yang mencerminkan apakah sesorang senang atau tidak senang, suka atau tidak suka, dan setuju atau tidak setuju terhadap suatu objek dan juga sikap merupakan evaluasi konsep secara menyeluruh yang dilakukan oleh seseorang. Ada beberapa komponen dalam pembentukan sikap, di antaranya yaitu komponen kognitif, komponen afektif dan komponen konatif. Selanjutnya, beberapa teori mengemukakan bahwa sikap adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan, sikap seseorang terhadap suatu objek adalah perasaan mendukung atau memihak (favorable) maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak (unfavorable) pada objek tersebut, sehingga peneliti berasumsi bahwa sikap terbentuk berdasarkan respon, baik itu respon sikap positif maupun sikap negatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap siswa SMA pada pembelajaran bahasa Prancis. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X dan XI. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa yang di ambil dari SMA Semesta Semarang dan SMA Negeri 8 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk dan reliabilitas instrumen ini dengan rumus alpha. Dari hasil perhitungan skor, diperoleh hasil total skor siswa yaitu 3126 dan berada pada interval 3120 – 3840 dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan komponen sikap, komponen kognitif memiliki hasil tertinggi yaitu sebesar 35,8%, sedangkan komponen afektif 32,7%, dan komponen konatif 31,5%. Maka sikap siswa SMA pada pembelajaran bahasa Prancis secara keseluruhan adalah baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, sikap, pembelajaran, bahasa prancis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Attitude
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:39
Last Modified: 10 Jan 2022 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48219

Actions (login required)

View Item View Item