PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA MAHASISWA PEMBELAJAR BAHASA PRANCIS DI SEMARANG


Aisha, 2301416009 (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA MAHASISWA PEMBELAJAR BAHASA PRANCIS DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP  HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA MAHASISWA PEMBELAJAR BAHASA PRANCIS DI SEMARANG] PDF (PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA MAHASISWA PEMBELAJAR BAHASA PRANCIS DI SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu hal utama yang dibutuhkan seorang pembelajar untuk berhasil menguasai materi pembelajaran adalah adanya dorongan untuk belajar dari dalam dirinya. Dorongan inilah yang disebut motivasi. Selain tingkat motivasi, faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah kurangnya pengetahuan mengenai gaya belajar. Gaya belajar adalah cara belajar yang paling disukai oleh individu dalam proses pembelajaran. Gaya belajar ini mempengaruhi cara seseorang dalam memperoleh dan menerima informasi yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar apabila metode dan media belajar tidak sesuai dengan gaya belajarnya. Atas dasar tersebut, peneliti berasumsi bahwa tingkat motivasi dan perbedaan gaya belajar memberikan pengaruh terhadap keberhasilan belajar. Maka, untuk menjawab hipotesis tersebut, peneliti berminat untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa prancis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis Angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis Angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa prancis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis secara parsial, gaya belajar tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa prancis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis secara parsial, tingkat motivasi dan gaya belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa prancis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis secara simultan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, hasil belajar, motivasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > L Education (General) > learning style
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:28
Last Modified: 10 Jan 2022 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48218

Actions (login required)

View Item View Item