PENGEMBANGAN BUKU CERGAM BERBAHASA PRANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KELAS XI SMA SEMESTER I


Intan Dwi Yunianti, 2301415018 (2020) PENGEMBANGAN BUKU CERGAM BERBAHASA PRANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KELAS XI SMA SEMESTER I. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU CERGAM BERBAHASA  PRANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA  KELAS XI SMA SEMESTER I] PDF (PENGEMBANGAN BUKU CERGAM BERBAHASA PRANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KELAS XI SMA SEMESTER I)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan buku cergam untuk keterampilan membaca adalah media alternatif untuk pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan buku cergam berbahasa Prancis yang mengacu pada silabus kurikulum 2013 untuk keterampilan membaca. Kegiatan pembelajaran yang terus semakin kreatif, media pembelajaran sangat penting dan pengembangannya harus ditingkatkan lagi agar tujuan pendidikan yang ingin dicapai bisa terwujud. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di beberapa SMA di kota Semarang, kegiatan pembelajaran bahasa Prancis untuk keterampilan membaca kelas XI, guru membaca teks bacaan yang diikuti oleh siswa. Selain itu, kurang variasi media dalam penyampaian materi, sehingga siswa merasa bosan dan jenuh dalam belajar bahasa Prancis. Hal ini dibutuhkan variasi media dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan buku cergam berbahasa Prancis untuk menunjang pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Menurut Sugiyono (2017:298) ada sepuluh tahap yang harus dilakukan, namun penelitian ini hanya menggunakan lima langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, pembuatan desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode dokumentasi dan angket analisis kebutuhan guru dan siswa kelas XI terhadap buku cergam. Hasil penelitian ini yaitu buku cergam bahasa Prancis untuk keterampilan membaca kelas XI SMA semester 1 yang disesuaikan berdasarkan silabus bahasa Prancis kurikulum 2013. Buku tersebut terdiri lima tema cerita yang mengandung tindak tutur pada kompetensi dasar (KD) 3.1 sampai 3.5, yang dilengkapi balon�balon ucapan disertai narasi sebagai penjelas yang ditempel dalam gambar. Dalam buku tersebut juga dilengkapi rangkuman konjugasi kata kerja bahasa Prancis dan soal latihan untuk mengevaluasi pemahaman siswa. Penelitian ini telah melewati tahap validasi oleh dosen ahli dan revisi desain sehingga siap untuk diujikan dalam skala kecil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku cergam, keterampilan membaca. SMA
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:13
Last Modified: 10 Jan 2022 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48215

Actions (login required)

View Item View Item