PENGEMBANGAN MEDIA TES PEMAHAMAN BACAAN BAHASA PERANCIS TINGKAT DASAR (DELF A.2) MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR


Muhamad Irfan Khamid, 2301414001 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA TES PEMAHAMAN BACAAN BAHASA PERANCIS TINGKAT DASAR (DELF A.2) MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA TES PEMAHAMAN BACAAN BAHASA  PERANCIS TINGKAT DASAR (DELF A.2) MELALUI WONDERSHARE  QUIZ CREATOR] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA TES PEMAHAMAN BACAAN BAHASA PERANCIS TINGKAT DASAR (DELF A.2) MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sejauh ini sumber belajar tes bacaan bahasa Perancis tingkat dasar (Niveau A2) hanya terdapat dalam buku (seperti Le TAXI 1, Le Cahier d’exercice, Le VO, L’Echo, Etc), Website dan Video Youtube. Pembelajar dapat mengerjakan sebagai sarana tes mandiri, sedangkan evaluasi dari pengerjaan untuk mengetahui hasil pengerjaan memerlukan perhitungan manual yang dirasa kurang praktis. Diakui, ketersediaan layanan internet sudah baik, tetapi tidak semua dapat mengakses internet terlebih harus membayar dengan biaya mahal sehingga perlu adanya media luring (offline) yang dapat diakes tanpa perlu adanya jaringan internet. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media tes pemahaman bacaan bahasa perancis tingkat dasar (DELF A.2) melalui Wondershare Quiz Creator. Penelitian ini menggunakan metode prosedur penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadopsi lima tahap, yakni potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil penelitian ini yaitu pembelajar Bahasa Perancis membutuhkan media berupa latihan soal DELF A2 pada keterampilan membaca dalam mengerjakan tes DELF A2. Media yang dihasilkan berisi latihan kumpulan soal DELF A2 pada keterampilan membaca dalam bentuk flash dan swf. Desain produk ini terdiri atas 3 latihan. Setelah pembelajar selesai melakukan latihan, pembelajar akan mengetahui skor secara langsung. Latihan ini juga dilengkapi dengan review berupa penjelasan jawaban yang benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: delf A2, keterampilan membaca, media pembelajaran, media tes mandiri
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:48
Last Modified: 10 Jan 2022 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48210

Actions (login required)

View Item View Item