Perbedaan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar antara Proses Pembelajaran yang Menerapkan Metode Ceramah Bervariasi dan Metode Diskusi dengan Media Film Dokumenter untuk Materi Sejarah Kontroversial pada Siswa Kelas XII SMU N 1 Bandar Tahun 2008-2009


Yusuf Wicaksono, 2008 (2008) Perbedaan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar antara Proses Pembelajaran yang Menerapkan Metode Ceramah Bervariasi dan Metode Diskusi dengan Media Film Dokumenter untuk Materi Sejarah Kontroversial pada Siswa Kelas XII SMU N 1 Bandar Tahun 2008-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar antara Proses Pembelajaran yang Menerapkan Metode Ceramah Bervariasi dan Metode Diskusi dengan Media Film Dokumenter untuk Materi Sejarah Kontroversial pada Siswa Kelas XII SMU N 1 Bandar Tahun 2008-2009]
Preview
PDF (Perbedaan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar antara Proses Pembelajaran yang Menerapkan Metode Ceramah Bervariasi dan Metode Diskusi dengan Media Film Dokumenter untuk Materi Sejarah Kontroversial pada Siswa Kelas XII SMU N 1 Bandar Tahun 2008-2009) - Published Version
Download (29kB) | Preview

Abstract

Yusuf Wicaksono, 2008. Perbedaan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar antara Proses Pembelajaran yang Menerapkan Metode Ceramah Bervariasi dan Metode Diskusi dengan Media Film Dokumenter untuk Materi Sejarah Kontroversial pada Siswa Kelas XII SMU N 1 Bandar Tahun 2008-2009. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : Perbedaan, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya suatu pergeseran pendekatan pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang perbedaan antara pendekatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi pada kegiatan guru dan pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Rumusan masalah penelitian sebagai berikut: (1) bagaimanakah aktivitas belajar pada proses pembelajaran yang menggunakan metode ceramah bervariasi?, (2) bagaimanakah aktivitas belajar pada proses pembelajaran yang menggunakan metode diskusi dengan media film dokumenter?, (3) bagaimanakah hasil belajar pada proses pembelajaran yang menggunakan metode ceramah bervariasi?, (4) bagaimanakah hasil belajar pada proses pembelajaran yang menggunakan metode diskusi dengan media film dokumenter?, (5) adakah perbedaan yang signifikan pada aktivitas belajar siswa antara proses pembelajaran yang menggunakan metode ceramah bervariasi dengan proses pembelajaran yang menggunakan metode diskusi dengan media film dokumenter?, (6) adakah perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara proses pembelajaran yang menggunakan metode ceramah bervariasi dengan proses pembelajaran yang menggunakan metode diskusi dengan media film dokumenter?. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XII SMU Negeri 1 Bandar tahun pelajaran 2008-2009 yang terdiri dari 4 kelas dengan keseluruhan jumlah siswa kelas XII adalah 161 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik probability sampling yang simple random sampling, yaitu dengan cara pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak, karena populasi sudah dianggap homogen. Dan sampel dalam penelitian ini adalah dua buah kelas, kelas XII dengan keseluruhan jumlah siswa 78 siswa, terdiri dari kelas XII.IPA.1 dan XII.IPA.2. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah : (1) aktivitas belajar pada proses pembelajaran yang menerapkan metode ceramah bervariasi dapat dikatakan kurang aktif, (2) aktivitas belajar pada proses pembelajaran yang menerapkan metode diskusi dengan media film dokumenter dapat dikatakan sangat aktif, (3) hasil belajar pada proses pembelajaran yang menerapkan metode ceramah bervariasi didapatkan hasil rata-rata dari nilai tes evaluasinya yaitu 46,375. Sesuai dengan kriteria hasil belajar yang telah ditentukan hasil belajar pada proses pembelajaran ini termasuk dalam katagori cukup, (4) hasil belajar pada proses pembelajaran yang menerapkan metode diskusi dengan media film dokumenter didapatkan hasil rata-rata dari nilai tes evaluasinya adalah 58,0263, sesuai dengan kriteria hasil belajar yang telah ditentukan hasil belajar pada proses pembelajaran ini juga termasuk dalam katagori cukup, akan tetapi hasil dari nilai rata-rata nilai tes evaluasinya sedikit lebih baik dibandingkan dengan proses pembelajaran yang menggunakan metode ceramah bervariasi. Jadi dapat dikatakan hasil belajar pada proses pembelajaran ini lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar pada proses pembelajaran yang menerapkan metode ceramah bervaiasi, (5) perbedaan aktivitas belajar antara proses pembelajaran yang menerapkan metode ceramah berfariasi dengan proses pembelajaran yang menerapkan metode diskusi dengan media film dokumenter sangat signifikan sekali, (6) perbedaan hasil belajar antara proses pembelajaran yang menerapkan metode ceramah berfariasi dengan proses pembelajaran yang menerapkan metode diskusi dengan media film dokumenter sangat signifikan sekali, ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dengan derajat kebebasan dk = 37 untuk taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 3.860 maka H0 dinyatakan ditolak karena ttabel = 1,667. Karena thitung berada pada daerah penolakan Ho, maka Ho ditolak artinya terbukti ada perbedaan signifikan pada aktivitas belajar dan hasil belajar pada proses pembelajaran yang menerapkan metode ceramah bervariasi dan proses pembelajaran yang menerapkan metode diskusi dengan media film dokumenter. Saran dari peneliti ditujukan bagi para peneliti-peneliti lain yang ingin melakukan penelitian eksperimen untuk mengeksperimankan sebuah proses pembelajaran haruslah memperhatikan baik-baik bentuk proses pembelajaran yang akan dieskperimenkan, dan terlebih dahulu mempersiapkan rencana pembelajaran dengan sebaik-baiknya agar pengeksperimenan dapat benar-benar terwujud dan hasil penelitian yang akan diteliti dari eksperiman dapat merupakan data hasil dari penelitian yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Sep 2011 02:50
Last Modified: 28 Sep 2011 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item