Implementasi Fun Learning Mitigasi Bencana Banjir Berbantu Audiovisual Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Tingkat Siaga Di SDN Mintomulyo
Anis Tsania Cahyani, - and Ananto Aji, FIS Geografi (2021) Implementasi Fun Learning Mitigasi Bencana Banjir Berbantu Audiovisual Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Tingkat Siaga Di SDN Mintomulyo. Edu Geography, 9 (3). ISSN 2252-6684
PDF
- Published Version
Download (277kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fun learning berbantu audiovisual pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka siaga, mengukur tingkat pengetahuan dan sikap siaga peserta Pramuka dan menganalisa kendala dalam penerapan fun learning mitigasi bencana banjir berbantu audiovisual pada kegiatan Pramuka siaga di SDN Mintomulyo. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (kualitatif dan kuantitatif) dengan metode pengumpulan data berupa angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data yang digunakan untuk data kuantitatif terdiri atas teknik analisis distribusi frekuensi dan uji hipotesis statistik yang menggunakan uji Wilcoxon, sedangkan untuk teknik analisis data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi fun learning mitigai bencana banjir berbantu audiovisual dapat membantu meningkatkan tingkat pengetahuan dan sikap siaga siswa peserta Pramuka, terdapat peningkatan nilai indeks rata-rata tabel distribusi frekuensi hasil pre test dan post test dengan persentase 56,48% menjadi 87,04% untuk instrumen pengetahuan dan persentase 69,35 % menjadi 87,04% untuk instrument sikap. Kemudian untuk nilai signifikan dengan uji Wilcoxon memperoleh hasil 0,00<0,05. Kendala yang dihadapi dalam penerapannya adalah kurangnya perhatian dari orangtua dalam membimbing pada saat dilaksanakannya pembelajaran secara daring .
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fun learning berbantu audiovisual pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka siaga, mengukur tingkat pengetahuan dan sikap siaga peserta Pramuka dan menganalisa kendala dalam penerapan fun learning mitigasi bencana banjir berbantu audiovisual pada kegiatan Pramuka siaga di SDN Mintomulyo. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (kualitatif dan kuantitatif) dengan metode pengumpulan data berupa angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data yang digunakan untuk data kuantitatif terdiri atas teknik analisis distribusi frekuensi dan uji hipotesis statistik yang menggunakan uji Wilcoxon, sedangkan untuk teknik analisis data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi fun learning mitigai bencana banjir berbantu audiovisual dapat membantu meningkatkan tingkat pengetahuan dan sikap siaga siswa peserta Pramuka, terdapat peningkatan nilai indeks rata-rata tabel distribusi frekuensi hasil pre test dan post test dengan persentase 56,48% menjadi 87,04% untuk instrumen pengetahuan dan persentase 69,35 % menjadi 87,04% untuk instrument sikap. Kemudian untuk nilai signifikan dengan uji Wilcoxon memperoleh hasil 0,00<0,05. Kendala yang dihadapi dalam penerapannya adalah kurangnya perhatian dari orangtua dalam membimbing pada saat dilaksanakannya pembelajaran secara daring . |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Disasters H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Disaster Mitigation |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 01:07 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 01:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48106 |
Actions (login required)
View Item |