Analisis Kinerja Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Kendal.
Agus Nur Ikhsan Kurniawan, 2009 (2009) Analisis Kinerja Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Kinerja Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Kendal.)
- Published Version
Download (20kB) | Preview |
Abstract
Kurniawan, Agus Nur Ikhsan., 2009. Analisis Kinerja Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Kendal. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Sukardi Ikhsan, M.Si., Pembimbing II: Amir Mahmud, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta. Formula agar sekolah dapat diberdayakan secara optimal, sekolah perlu diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk mengelola sekolah secara mandiri. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pemerintah merasa perlu untuk menerapkan manajemen berbasis sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja kepemimpinan kepala sekolah, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, dan manajemen sarana prasarana di SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Kendal yang berjumlah 17. Sampel penelitian berjumlah 4 SMK negeri dan 13 SMK swasta dengan teknik populasi sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, dan manajemen sarana prasarana. Metode pengumpulan data, dengan metode angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedang uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Metode analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif dengan kategorisasi skor tiap variabel. Berdasarkan hasil penelitian skor rata-rata SMK negeri pada komponen kepemimpinan kepala sekolah berkriteria sangat ideal, manajemen kurikulum sangat optimal, manajemen tenaga kependidikan sangat ideal, manajemen kesiswaan sangat tinggi, dan manajemen sarana prasarana optimal serta output berkriteria tinggi. Kemudian pada SMK swasta komponen kepemimpinan berkriteria sangat ideal, manajemen kurikulum sangat optimal, manajemen tenaga kependidikan ideal, manajemen kesiswaan sangat tinggi, manajemen sarana prasarana optimal, serta output berkriteria tinggi. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa kinerja manajemen sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Kendal sudah optimal. Saran dalam penelitian ini masing-masing kepala sekolah baik SMK negeri maupun swasta hendaknya dapat mengoptimalkan kompetensi manajerialnya. Khusus pada SMK swasta ditambah lagi untuk dapat mengoptimalkan program supervisi. Pada aspek kurikulum hendaknya SMK swasta membuat kalender pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan. Pada aspek out put, hendaknya sekolah merencanakan dampak yang akan dialami oleh lulusannya. Pada perekrutan tenaga laborat dan pustakawan sebaiknya di cari orang yang memiliki keahlian dibidangnya. Pada aspek sarana prasarana, SMK negeri hendaknya meningkatkan usahanya dalam pengadaaan dan inventarisasi secara lengkap. Sedangkan untuk SMK swasta disarankan dalam pengadaan dan pemeliharaaan agar ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 28 Sep 2011 02:29 |
Last Modified: | 28 Sep 2011 02:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4810 |
Actions (login required)
View Item |