Keterkaitan Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Upaya Pelestarian Tanaman Mangrove Di Desa Kartikajaya Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal


Mustafirin, - and Heri Thahjono, - and Ananto Aji, FIS Geografi (2016) Keterkaitan Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Upaya Pelestarian Tanaman Mangrove Di Desa Kartikajaya Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Edu Geography, 4 (1). ISSN 2252-6684

[thumbnail of Keterkaitan Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Upaya Pelestarian Tanaman Mangrove Di Desa Kartikajaya Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal.pdf] PDF
Download (548kB)
[thumbnail of Review Keterkaitan Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Upaya Pelestarian Tanaman Mangrove Di Desa Kartikajaya Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi tingkat pendidikan, upaya pelestarian tanaman mangrove dan pengaruh tingkat pendidikan terhadap upaya pelestarian tanaman mangrove. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi pendidikan Desa Kartikajaya 50% sudah wajib belajar 9 tahun. Upaya pelestarian termasuk dalam kategori “sedang”. Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan upaya pelestarian tanaman mangrove. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan perlu ditingkatkan lagi upaya pelestarian tanaman mangrove dari sedang menjadi sangat tinggi dengan cara mengadakan sosialisasi dan pelatihan pentingnya tanaman mangrove.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mangroves, education level, conservation efforts
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:42
Last Modified: 05 Jan 2022 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48096

Actions (login required)

View Item View Item