IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PT DUA PUTRA UTAMA MAKMUR DI KABUPATEN PATI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS


VICI HAYUNINGTYAS, 8111413301 (2021) IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PT DUA PUTRA UTAMA MAKMUR DI KABUPATEN PATI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PT  DUA PUTRA UTAMA MAKMUR DI KABUPATEN  PATI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR  40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS] PDF (IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PT DUA PUTRA UTAMA MAKMUR DI KABUPATEN PATI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan mengenai pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Social Resposibility di Kabupaten Pati masih tergolong rendah sehingga memerlukan upaya penanganan yang tepat guna meningkatkan program tanggung jawab sosial perusahaan. Berdasarkan pasal 74 ayat (1) Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan terbatas disebutkan bahwa “Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan”. Dengan adanya dasar tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Pati berupaya untuk menangani pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan melalui Rancangan Peraturan Daerah yang sedang dirancang untuk mengatur lebih mengenai pelaksanaan tanggung jawab sosial di Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Tanggung Jawab Sosial yang dilaksanakan serta dampak dari penerapannya. Penelitian ini bermanfaat untuk mengembangkan ilmu hukum khususnya hukum perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini sumber data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini yaitu: pertama, Penerapan tanggung jawab sosial perusahaan PT Dua Putra Utama Makmur Tbk sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan baik dari segi peraturan perundang-undangan maupun dari segi bentuk implementasi Tanggung Jawab Sosial di Indonesia. Yang kedua, Manfaat yang dirasakan masarakat atas keberadaan tanggung jawab sosial perusahaan PT Dua Putra Utama Makmur Tbk adalah peningkatan kualitas hidup masyarakat yang telah diselenggarakan oleh PT Dua Putra Utama Makmur Tbk untuk warga masyarakat sekitar perusahaan. Pemerintah daerah diharapkan dapat menetapkan Peraturan Daerah yang mengatur pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dengan jelas. Selain itu, Perusahaan swasta yang ada di daerah diharapkan melaksanakan Tanggung Jawab Sosial sesuai dengan peraturan supaya tercapai kesejahteraan sosial dan pembangunan yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Sosial, Implementasi, Kesejahteraan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:27
Last Modified: 05 Jan 2022 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48059

Actions (login required)

View Item View Item