ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH ANAK DI KOTA PEKALONGAN (STUDI KASUS DI POLRES PEKALONGAN KOTA)


DANIEL OCTAVIANO, 8111413143 (2020) ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH ANAK DI KOTA PEKALONGAN (STUDI KASUS DI POLRES PEKALONGAN KOTA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH ANAK DI KOTA PEKALONGAN (STUDI KASUS DI POLRES PEKALONGAN KOTA)] PDF (ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH ANAK DI KOTA PEKALONGAN (STUDI KASUS DI POLRES PEKALONGAN KOTA))
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyalahgunaan narkoba merupakan sesuatu yang sangat berbahaya karena dapat merusak semua dimensi kehidupan yang cakupannya luas dan kompleks seperti dimensi sosial, budaya, politik, dan ekonomi. Dampak penyalahgunaan narkoba yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat dapat merusak hubungan kekeluargaan, menurunkan kemampuan belajar dan produktivitas kerja secara drastis, sulit membedakan mana perbuatan baik dan mana perbuatan buruk, perubahan perilaku menjadi anti sosial (perilaku maladaptive), gangguan kesehatan (fisik dan mental), mempertinggi jumlah kecelakaan lalu lintas, tindak kekerasan, dan kriminalitas lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Faktor apa sajakah yang memengaruhi penyalahgunaan narkoba oleh anak di Pekalongan? (2) Apakah aspek ekologi mendominasi penyalahgunaan narkoba oleh anak di pekalongan? (3) Bagaimana Peran Polres Pekalongan Kota dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba di kalangan anak?. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan jenis penelitian berupa yuridis empiris. Data dalam penelitian ini adalah Kasus Tindak Pidana Narkoba. Sumber data penelitian ini adalah wawancara dengan pihak kepolisian Polres Pekalongan Kota. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Studi lapangan (Field Research) yang dilakukan melalui wawancara (interview) sebagai usaha mengumpulkan data dengan cara mengajukan tanya jawab dengan responden penelitian dan Studi pustaka (library research). Faktor yang memengaruhi penyalahgunaan narkoba oleh anak di yaitu faktor intern dan ekstern. Anak tidak mudah untuk menjauh dari kelompok bila dia sudah bergaul. Peran Kepolisian dalam menangani penaggulangan narkoba yaitu dengan sosialisasi dengan masyarakat. Simpulan yang menyebabkan seseorang penyalahguna narkoba adalah ketidakmampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan, karena keluarga, teman dan kelompok. Kepolisian berupaya menanggulangi penyebaran narkoba dengan cara sosialisasi serta pendekatan terhadap masyarakat dan tokoh-tokoh agama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Narkoba, Remaja, dan Kriminologi.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Drugs
K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:00
Last Modified: 05 Jan 2022 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48047

Actions (login required)

View Item View Item