OPTIMALISASI BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH


LULUK RIZKI FAUZIYAH, 8111413066 (2020) OPTIMALISASI BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of OPTIMALISASI BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH  DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH] PDF (OPTIMALISASI BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena kasus permohonan gugatan perceraian sebagian besar dipincu masalah perselisihan pasangan sehingga diperlukan upaya-upaya pencegahan melalui optimalisasi bimbingan perkawinan oleh KUA. Perumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi bimbingan perkawinan pranikah di KUA Kecamatan Gunungpati Kota Semarang?, dan (2) bagaimana pengaruh bimbingan perkawinan pranikah terhadap pembentukan keluarga sakinah?. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian hukum yuridis sosiologis. Sumber data penelitian berasal dari data primer (wawancara) dan data sekunder (studi kepustakaan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) setiap calon pengantin wajib mengikuti bimbingan perkawinan pranikah. Keikutsertaan dibuktikan dengan memiliki sertifikat bimbingan perkawinan. Pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah di KUA Kecamatan Gunung Pati telah sesuai dengan ajaran agama Islam. Bin win dilaksanakan selama 2 hari dengan narasumber orang-orang yang berkompeten. Setiap peserta mendapatkan buku panduan keluarga Sakinah (2) Kegiatan BINWIn meningkatkan peserta paham akan hak dan kewajiban suami isteri. Peserta merasa puas dan lebih siap membangun rumah tangga. KUA Gunungpati tersedia ruang konsultasi perkawinan, namun masih ada keengganan masyarakat untuk berkonsultasi terkait dengan problematika rumah tanganya. Simpulan penelitian ini yaitu KUA Kecamatan Gunungpati telah berupaya melaksanakan bimbingan perkawinan pranikah baik mandiri dan kelompok secara optimal, namun masih ada ketidak sesuaian materi dengan buku panduan. BINwin sangat berpengaruh terhadap kesiapan membangun rumah tangga. Saran penelitian ini yaitu sebaiknya bimbingan perkawinan tidak hanya diberikan sebelum nikah (pranikah) namun juga ada tindak lanjut seperti konsultasi penyelesaian sengketa setelah menikah sebagai bentuk kuratif atau mencari solusi yang terbaik bagi pasangan suami istri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Bimbingan Perkawinan, Pranikah, Keluarga Sakinah.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:50
Last Modified: 05 Jan 2022 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48042

Actions (login required)

View Item View Item