Pembelajaran Kimia Bervisi SETS Untuk Merangsang Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Produktif di MAN
Siti Muawanah, 2008 (2008) Pembelajaran Kimia Bervisi SETS Untuk Merangsang Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Produktif di MAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pembelajaran Kimia Bervisi SETS Untuk Merangsang Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Produktif di MAN)
- Published Version
Download (21kB) | Preview |
Abstract
Siti Muawanah, 2008: “Pembelajaran Kimia Bervisi SETS Untuk Merangsang Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Produktif di MAN”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci: Pembelajaran kimia Bervisi SETS, Pengembangan, Pembelajaran Produktif. Pelaksanaan pembelajaran di kelas X-5 MAN Temanggung tahun ajaran 2007/2008 pada materi pelajaran kimia pokok konsep redoks belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar mid semester sebesar 55 untuk rentang nilai antara 0-100, dibawah standar ketuntasan belajar minimal. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kimia bervisi SETS untuk merangsang pengembangan kegiatan pembelajaran produktif di MAN dengan rumusan masalah apakah pembelajaran kuantum bervisi SETS mampu meningkatkan produktifitas hasil belajar siswa kelas X-5 semester genap MAN Temanggung tahun pelajaran 2007/2008. Produktifitas hasil belajar yang dimaksud adalah peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan tingkat keaktifan siswa pada proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 27 Maret – 7 April 2008 di kelas X-5 yang terdiri atas 38 siswa, 24 siswa putra dan 14 siswa putri. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum bervisi SETS pada mata pelajaran kimia di kelas X-5 MAN Temanggung. Hasil penelitian menunjukkan: ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I adalah 35 siswa tuntas belajar dari total 38 siswa. Siklus II adalah 38 siswa tuntas belajar dari total 38 siswa. Dengan tingkat keaktifan siswa siklus I adalah 30 siswa aktif dari total 38 siswa, siklus II adalah 32 siswa aktif dari total 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia bervisi SETS dengan penerapan model pembelajaran kuantum bervisi SETS telah berhasil merangsang pengembangan kegiatan pembelajaran produktif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kimia Bervisi SETS, Pengembangan, Pembelajaran Produktif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 28 Sep 2011 02:17 |
Last Modified: | 28 Sep 2011 02:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4804 |
Actions (login required)
View Item |