Evaluasi Sebaran Lokasi Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Demak


Erna Puji Astutik, - and Ananto Aji, FIS Geografi and Saptono Putro, - (2017) Evaluasi Sebaran Lokasi Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Demak. Geo Image, 6 (2). ISSN 2252-6285

[thumbnail of Evaluasi Sebaran Lokasi Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten De.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Review Evaluasi Sebaran Lokasi Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kabupate.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Perkembangan bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) meningkat setiap tahun. Hal ini sejalan dengan tingkat konsumsi BBM sehingga berpengaruh terhadap apa yang diperlukan oleh konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pemikiran untuk mengatasinya. Populasi dalam penelitian ini adalah SPBU di wilayah Kabupaten Demak sebanyak 20 buah dan semua SPBU dijadikan sampel. Sampel untuk kepuasan konsumen menggunakan teknik incidental sampling. Variabel penelitian adalah (1) Variabel sebaran lokasi SPBU: jumlah, jarak terdekat, dan lokasi SPBU, jumlah dan jenis kendaraan bermotor per kecamatan, kepadatan lalu lintas; (2) Variabel tingkat kepuasan konsumen: keadaan fisik, empati, kehandalan, jaminan, dan daya tanggap. Analisis penelitian menggunakan analisis Sistem Informasi Geografis, analisis tetangga terdekat, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola sebaran SPBU memiliki pola tersebar seragam; Kelas kesesuaian lokasi dari 20 SPBU rata-rata masuk dalam kriteria sesuai (S2) dengan hasil perhitungan sebesar 65 %; dan Kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan dari pihak SPBU sebesar 4.991 yang mana bila dimasukkan dalam asumsi perhitungan penelitian masuk dalam kategori Baik. Dengan hasil perolehan tersebut menunjukan bahwa sebaran lokasi dan tingkat kepuasan konsumen SPBU di wilayah Kabupaten Demak termasuk kriteria baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gas Station, CustomerSatisfaction, Geography Information System.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography > Remote Sensing Applications
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:36
Last Modified: 05 Jan 2022 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48039

Actions (login required)

View Item View Item