DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI INDONESIA TAHUN 2015-2018


Pracita Netta Iswari, 7211416167 (2020) DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI INDONESIA TAHUN 2015-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL  DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI  INDONESIA TAHUN 2015-2018] PDF (DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI INDONESIA TAHUN 2015-2018)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Environmental Disclosure didefinisikan sebagai pelaporan yang dilakukan oleh perusahaan mengenai dampak lingkungan dari kegiatan perusahaan dan sebagai cara perusahaan untuk memenuhi tanggungjawab lingkungannya. Environmental disclosure dapat digunakan masyarakat untuk memantau aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, sehingga perusahaan memperoleh perhatian dan kepercayaan dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara earning per share, proporsi komisaris independen, ukuran dewan komisaris, latar belakang pendidikan komisaris utama, umur perusahaan dan ukuran perusahaan dengan kuantitas environmental disclosure. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Sample penelitian sebanyak 32 perusahaan dengan 128 unit analisis yang diambil berdasarkan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan program IBM SPSS 21. Hasil penelitian membuktikan bahwa ukuran dewan komisaris, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kuantitas environmental disclosure. Sedangkan earning per share, proporsi komisaris independen, dan latar belakang pendidikan komisaris utama terbukti tidak berpengaruh terhadap kuantitas environmental disclosure. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu menggunakan proksi lainnya untuk mengukur umur dan ukuran perusahaan, menggunakan variabel independen lain seperti multiple directorship, jumlah rapat dewan komisaris, leverage, environmental performance, return on asset yang dapat mempengaruhi kuantitas environmental disclosure secara lebih signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kuantitas Environmental Disclosure, Earning per Share, Proporsi Komisaris Independen, Ukuran Dewan Komisaris, Latar Belakang Pendidikan Komisaris Utama, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:07
Last Modified: 05 Jan 2022 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48026

Actions (login required)

View Item View Item