PENGARUH PANGGILAN KARIR DAN DUKUNGAN SOSIAL PADA KEPUASAN KARIR DENGAN ADAPTASI KARIR SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI


Rio Maulana, 7311415186 (2020) PENGARUH PANGGILAN KARIR DAN DUKUNGAN SOSIAL PADA KEPUASAN KARIR DENGAN ADAPTASI KARIR SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PANGGILAN KARIR DAN DUKUNGAN SOSIAL  PADA KEPUASAN KARIR DENGAN ADAPTASI KARIR SEBAGAI  VARIABEL PEMEDIASI] PDF (PENGARUH PANGGILAN KARIR DAN DUKUNGAN SOSIAL PADA KEPUASAN KARIR DENGAN ADAPTASI KARIR SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan karir merupakan akumulasi perasaan dan persepsi seseorang mengenai pencapaian dan prestasi dalam perjalanan karirnya. Kepuasan karir mengacu pada standar yang telah ditentukan seperti status, tingkat pendidikan, promosi dan tingkat kompensasi yang akan menciptakan kebahagiaan batin seseorang. Kepuasan karir dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti panggilan karir, dukungan sosial dan adaptasi karir. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh panggilan karir dan dukungan sosial pada kepuasan karir dengan adaptasi karir sebagai pemediasi. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu pegawai dosen Peguruan Tinggi Negeri di Kota Semarang yang sudah berstatus sebagai pegawai tetap. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 dosen. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panggilan karir dan dukungan sosial mempunyai pengaruh signifikan pada adaptasi karir, adaptasi karir mempunyai pengaruh signifikan pada kepuasan karir. Selain itu, adaptasi karir juga memiliki pengaruh signifikan dalam memediasi hubungan panggilan karir pada kepuasan karir, namun, adaptasi karir kurang memiliki pengaruh yang signifikan dalam memedisasi hubungan dukungan sosial pada kepuasan karir. Simpulan dari penelitian ini yaitu panggilan karir dan dukungan sosial dapat meningkatkan adaptasi karir. Adaptasi karir juga dapat meningkatkan kepuasan karir. Adaptasi karir memliki pengaruh yang signifikan dalam memediasi hubungan panggilan berkarir pada kepuasan karir namun kurang memiliki pengaruh signifikan dalam memediasi hubungan dukungan sosial pada kepuasan karir. Saran teoritis untuk penelitian mendatang diharapkan dapat memperluas sampel serta melakukan uji konsitensi dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Panggilan Karir, Dukungan Sosial, Adaptasi Karir, Kepuasan Karir
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:47
Last Modified: 05 Jan 2022 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48016

Actions (login required)

View Item View Item