FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUMAN RESOURCES ACCOUNTING DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN SEKTOR FINANSIAL DI INDONESIA


Mywa Pujawati Juwita Putri, 7211416058 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUMAN RESOURCES ACCOUNTING DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN SEKTOR FINANSIAL DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUMAN  RESOURCES ACCOUNTING DISCLOSURE PADA  PERUSAHAAN SEKTOR FINANSIAL DI INDONESIA] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUMAN RESOURCES ACCOUNTING DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN SEKTOR FINANSIAL DI INDONESIA)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan menjadikan sumber daya manusia sebagai daya saing bagi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, leverage, profitabilitas, biaya karyawan, dan konsentrasi kepemilikan terhadap pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor finansial yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil melalui teknik dokumentasi yang terdiri dari annual report. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, leverage, profitabilitas, biaya karyawan, dan konsentrasi kepemilikan secara simultan berpengaruh positif terhadap pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Pengujian parsial menunjukkan profitabilitas, biaya karyawan, dan konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan leverage berpengaruh positif terhadap pengungkapan sumber daya manusia. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk tidak menggunakan unsur yang sama diantara variabel seperti aset yang merupakan proksi ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas. Penelitian lebih lanjut juga bisa menggunakan variabel lain yang masih terdapat ketidakkonsistenan pada beberapa penelitian lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Biaya Karyawan, Konsentrasi Kepemilikan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:28
Last Modified: 05 Jan 2022 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48011

Actions (login required)

View Item View Item