PRINSIP KERJA SAMA DAN IMPLIKATURNYA DALAM ACARA TALKSHOW KELUARGA JOKOWI


Novita Sari, 2111415035 (2020) PRINSIP KERJA SAMA DAN IMPLIKATURNYA DALAM ACARA TALKSHOW KELUARGA JOKOWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRINSIP KERJA SAMA DAN IMPLIKATURNYA DALAM ACARA TALKSHOW KELUARGA JOKOWI] PDF (PRINSIP KERJA SAMA DAN IMPLIKATURNYA DALAM ACARA TALKSHOW KELUARGA JOKOWI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Interaksi verbal manusia tidak dapat lepas dari transaksi informasi untuk memenuhi tugas dan kebutuhan. Mekanisme yang mengatur kesinambungan dan tercapainya tujuan dari percakapan tersebut adalah prinsip kerja sama (cooperative principle). Penelitian ini berisi mengenai pematuhan, pelanggaran, dan implikatur percakapan prinsip kerja sama dalam acara Talkshow Keluarga Jokowi. Topik tersebut penting untuk dikaji karena memberikan memiliki kekhasan tuturan Keluarga Jokowi, edukasi politik, menghadirkan wacana baru, dan menjadi fenomena kultural. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk pematuhan, pelanggaran, dan implikatur percakapan dalam acara Mata Najwa: Rahasia Keluarga Jokowi dan Ini Talkshow: Spesial Keluarga Bapak Jokowi. Data yang terdapat dalam penelitian ini berupa penggalan tuturan dalam acara Mata Najwa: Rahasia Keluarga Jokowi dan Ini Talkshow: Spesial Keluarga Bapak Jokowi yang diduga mematuhi, melanggar dan memiliki implikatur percakapan prinsip kerja sama. Sumber datanya adalah tuturan yang ada pada acara Mata Najwa: Rahasia Keluarga Jokowi dan Ini Talkshow: Spesial Keluarga Bapak Jokowi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis pragmatik serta pendekatan metodologis deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan ada tiga tahap yaitu, tahap penyediaan data, tahap analisis data, dan penyediaan analisis data. Hasil analisis data yang ditemukan berupa pematuhan, pelanggaran prinsip kerja sama dengan bentuk maksim kualitas, maksim kuantitas, maksim relevansi, dan maksim cara. Serta tiga belas bentuk implikatur percakapan yang diakibatkan dari pelanggaran prinsip kerja sama dalam acara Talkshow Keluarga Jokowi. Penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi dalam melakukan penelitian pragmatik kedepannya. Simpulan yang diperoleh dari hasil analisis prinsip kerja sama dan implikaturnya dalam acara Talkshow Keluarga Jokowi adalah Bentuk pematuhan prinsip kerja sama dalam acara Mata Najwa: Rahasia Keluarga Jokowi dan Ini Talkshow: Spesial Keluarga Bapak Jokowi ditemukan dalam semua maksim. Bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dalam cara Mata Najwa: Rahasia Keluarga Jokowi dan Ini Talkshow: Spesial Keluarga Bapak Jokowi ditemukan dalam semua maksim. Tiga belas fungsi implikatur hanya ditemukan dalam acara Mata Najwa: Rahasia Keluarga Jokowi. Sedangkan dalam acara Ini Talkshow: Spesial Keluarga Bapak Jokowi hanya ditemukan sebelas fungsi implikatur percakapan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pragmatik, pematuhan, pelanggaran, implikatur, Talkshow
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:22
Last Modified: 05 Jan 2022 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48008

Actions (login required)

View Item View Item