“Tata Kearsipan Kepegawaian Di Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah”

Heppy Kurniawan, 3354302526 (2005) “Tata Kearsipan Kepegawaian Di Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Tata Kearsipan Kepegawaian Di Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah”) - Published Version
Download (350Kb)

    Abstract

    Metode Pengumpulan Data yang digunakan untuk memperoleh data-data atau informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir yaitu mengadakan kunjungan langsung pada objek yang akan diamati. Metode ini dapat dilakukan dengan cara : yang pertama adalah wawancara yaitu mengumpulkan data dengan cara Tanya jawab langsung pada pihak yang bersangkutan atau berkaitan dengan objek yang akan diamati dan melakukan pengamatan langsung pada objek. Yang kedua adalah Studi Pustaka yaitu mencari data atau informasi yang mendukung Laporan Tugas Akhir dari bukubuku penunjang. Dan yang ketiga adalah Dokumentasi yaitu untuk melengkapi data dari wawancara dan observasi. Dalam sistem penataan arsip kepegawaian di Perum Perhutani Unit I jawa tengah, Semarang, merupakan suatu pekerjaan yang utama dalam perusahaan tersebut. Setiap berkas pensiun karyawan disimpan di tempat yang aman atau Rak Berjalan. Tata kearsipan adalah “segenap tata cara mengolah semua laporan-laporan dari suatu kegiatan agar mempermudah penggunaannya. Kepegawaian adalah “segala hal-hal di bidang SDM yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan ketenaga kerjaan dan kerjasama kelompok untuk tujuan tertentu. Istilah arsip yang sering di dengar, di tulis, dan di ucapkan adalah istilah yang mempunyai arti. Disatu segi arsip berarti warkat yang disimpan yang ujudnya dapat selembar surat, kwitansi, data statistik, dan lain-lain. Di segi lain Arsip dapat diartikan sebagai tempat untuk menyimpan catatan, dokumen dan bukti-bukti kegiatan yang telah dilaksanakan. Perkantoran atau kesekretariatan sebagai salah satu bagian dari kerangka tubuh organisasi sangat berperan penting dalam menunjang kelancaran jalannya penataan kearsipan. Salah satu fungsi dari bagian perkantoran atau kesekretariatan disini yaitu melakukan korespondensi. Tugas korespondensi sendiri yaitu menangani penataan arsip kepegawaian. Dengan demikian keberadaan bidang perkantoran atau kesekretariatan disini sangatlah penting dalam menjalankan fungsinya sebagai urat nadi kelancaran suatu perusahaan. Jika kegiatan perkantoran dapat dikelola dengan baik dan dilaksanakan seoptimal mungkin, maka tujuan organisasi atau perusahaan dapat tercapai secara optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Mar 2011 23:24
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:02

    Actions (login required)

    View Item