Peningkatan Keterampilan Menulis Meneruskan Dialog Dalam Pembelajaran Menulis Dialog pada Siswa Kelas VIID SMP 1 Wedung Kabupaten Demak


Yani Yuliyanti, 2102405539 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Meneruskan Dialog Dalam Pembelajaran Menulis Dialog pada Siswa Kelas VIID SMP 1 Wedung Kabupaten Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Meneruskan Dialog Dalam Pembelajaran Menulis Dialog pada Siswa Kelas VIID SMP 1 Wedung Kabupaten Demak]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Meneruskan Dialog Dalam Pembelajaran Menulis Dialog pada Siswa Kelas VIID SMP 1 Wedung Kabupaten Demak) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek dalam keterampilan berbahasa. Menulis mempunyai peranan penting dalam pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran bahasa Jawa. Menulis meneruskan dialog merupakan bagian dari menulis. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Jawa, diketahui bahwa keterampilan siswa dalam menulis meneruskan dialog masih rendah, karena metode pembelajaran yang digunakan guru masih kurang sesuai karena masih menerapkan metode yang konvensional sehingga tidak ada variasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran yang sesuai dan menarik. Peneliti memberikan solusi dengan menggunakan teknik berpasangan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis meneruskan dialog siswa kelas VIID SMP 1 Wedung Kabupaten Demak setelah dilakukan pembelajaran menulis meneruskan dialog dengan teknik berpasangan?; (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIID SMP 1 Wedung Kabupaten Demak setelah dilakukan pembelajaran menulis meneruskan dialog dengan teknik berpasangan? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis meneruskan dialog siswa kelas VIID SMP 1 Wedung Kabupaten Demak setelah dilakukan pembelajaran menulis meneruskan dialog dengan teknik berpasangan; (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIID SMP 1 Wedung Kabupaten Demak setelah dilakukan pembelajaran menulis meneruskan dialog dengan teknik berpasangan. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah variabel keterampilan menulis meneruskan dialog dan variabel teknik berpasangan. Desain penelitian ini merupakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif untuk data tes dan secara kualitatif untuk data nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman jurnal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada kegiatan prasiklus, guru menggunakan cara pembelajaran yang masih konvensional sehingga hasil yang dicapai siswa dalam tahap ini adalah 63,94. Kemudian dilaksanakan siklus I dengan pemberlakuan teknik berpasangan hasilnya adalah 65,39. Akan tetapi dalam siklus I terdapat beberapa kendala yaitu siswa kurang bisa menentukan pilihan kata dan menerapkan ejaan. Dari kesulitan yang dihadapi, guru mencoba memberikan solusi kepada siswa, supaya pembelajaran selanjutnya di siklus II dapat diperbaiki. Guru menjelaskan bahwa untuk memilih pilihan kata yang tepat harus disesuaikan dulu dengan kata yang akan dirangkaikan, sehingga kata yang akan digunakan dalam dialog benar-benar tepat. Pada siklus II hasil tes siswa mencapai angka 72,24. Sementara untuk perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat berdasarkan hasil data nontes siklus I, yaitu masih tampak perilaku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan antara lain (1) guru mata pelajaran bahasa Jawa kiranya dapat menggunakan teknik berpasangan dalam pembelajaran menulis meneruskan dialog sebagai salah satu alternatifnya; (2) para peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda dalam pembelajaran menulis meneruskan dialog .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nulis nerusake pacelathon, lan teknik pasang-pasangan.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2011 05:38
Last Modified: 25 Apr 2015 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item