KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL KERUMUNAN TERAKHIR KARYA OKKY MADASARI


Moh Azwar Ridhoni, 2111413039 (2020) KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL KERUMUNAN TERAKHIR KARYA OKKY MADASARI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL KERUMUNAN  TERAKHIR KARYA OKKY MADASARI] PDF (KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL KERUMUNAN TERAKHIR KARYA OKKY MADASARI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik sosial dan bentuk konflik sosial dalam novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari. Penelitian ini menitikberatkan pada konflik sosial yang dihadirkan dalam novel dengan menggunakan teori yang ada. Penelitian ini terdiri dua tahap analisis. Pertama, melalui pemahaman teks yang dilakukan terlebih dahulu untuk menemukan penyebab dan bentuk konflik sosial dalam novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari. Kedua, hasil analisis tersebut diteruskan melalui proses pemaknaan dengan memakai perspektif sosiologi sastra yang digagas oleh Soerjono Soekanto. Melalui kedua tahap tersebut, dapat diperoleh penyebab dan bentuk konflik sosial dalam Novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari. Berdasarkan analisis tersebut, penelitian yang telah dilakukan ini memperoleh hasil yaitu penyebab dan bentuk konflik tokoh- tokoh yang terdapat dalam novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari, diantaranya tokoh Jayanegara yang benci dengan kelakuan ayah kandungnya yang akhirnya melakukan kejahatan dengan mencemarkan nama baik ayahnya melalui media sosial, Hasil selanjutnya ditemukan pemaknaan-pemaknaan dalam novel Kerumunan Terakhir terhadap permasalahan kehidupan yang mencermati karakter pribadi dan karakter sosial pada masyarakat yang meliputi penyimpangan moral dalam masyarakaat, media sosial sebagai ruang baru dalam melakukan kejahatan, kegagapan manusia modern, dan yang lainnya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pemicu untuk mengembangkan pendekatan tentang kajian sosiologi sastra secara lebih luas.Penulis juga berharap novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari ini dapat dikaji lebih lanjut agar dapat memperluas dan memperdalam wawasan terhadap karya tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: novel, konflik sosial, dan sosiologi sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:45
Last Modified: 05 Jan 2022 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47994

Actions (login required)

View Item View Item