PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERMUATAN NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Sinta Dayyana, 2101417081 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERMUATAN NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPLANASI  BERMUATAN NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP] PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERMUATAN NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Buku merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar. Dalam dunia pendidikan buku terdiri dari dua jenis, yaitu buku teks sebagai buku utama dan buku pengayaan sebagai buku pendamping atau buku pelengkap. Keberadaan buku dapat membantu meningkatkan aspek akademik, yaitu wawasan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Tidak hanya aspek akademik, keberadaan buku juga harus memperhatikan muatan nilai positif guna untuk membentuk karakter insan-insan yang lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebutuhan buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik kelas VIII SMP, (2) menyusun prototipe buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik kelas VIII SMP, (3) memaparkan penilaian dosen ahli terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik kelas VIII SMP, (4) memperbaiki prototipe sumber belajar berdasarkan penilaian dosen ahli terhadap buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan 5 tahap penelitian yaitu: (1) pengumpulan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Sumber data dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan peserta didik kelas IX SMP dan analisis kebutuhan pendidik kelas VIII SMP terhadap buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis, serta validasi produk buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis dari dosen ahli. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, teknik wawancara, kuesioner kebutuhan peserta didik secara online dan tatap muka, kuesioner kebutuhan pendidik dan kuesioner uji validasi ahli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis sangat dibutuhkan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis kuesioner kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis. Pada aspek materi terdapat 98,78% peserta didik sudah mendapatkan materi teks eksplanasi; 85,36% peserta didik mudah menulis teks eksplanasi; 57,31% peserta didik menggunakan sumber belajar buku teks, LKS dan internet; 78,04% peserta didik membutuhkan buku pendamping teks eksplanasi; 81,70% menghendaki isi buku yang mudah dipahami; 93,90% menghendaki sumber belajar yang lengkap; 84,14% menghendaki contoh teks yang diketahui dan dialami; 62,19% mengetahui nilai humanis; 93,90% setuju buku yang memuat nilai humanis; 70,73% menghendaki indikator nilai humanis yang lengkap. Pada aspek penyajian terdapat 100% menghendaki ilustrasi/gambar dalam buku; 86,58% setuju penyajian materi di awali dengan pemberian stimulus; 91,46% setuju terdapat ulasan; 21,21% menghendaki gambar di awal contoh; 68,29% menghendaki ulasan berada di akhir; 51,21% tata letak urutan yang runtut sesuai konsep. Pada aspek bahasa dan keterbacaan terdapat 51,21% menghendaki ragam bahasa yang mudah dipahami; 80,48% menghendaki kelengkapan; 70,73% diksi yang sesuai pembahasan; 79,26% menghendaki tanda ketika berganti topik. Pada aspek grafika terdapat 51,21% memilih jenis ilustrasi foto; 95,12% menghendaki ilustrasi berwarna; 58,53% warna cover disesuaikan; 57,31% menghendaki jenis huruf Arial; 62,19% menghendaki ukuran A5; 69,51% halaman disesuaikan kebutuhan; 51,21% menghendaki sinopsis dan ilustrasi; 89,02% perlu pergantian topik; 51,21% memberi tanda dengan berganti halaman baru; 76,60% memilih judul “Pintar Menulis Teks Eksplanasi Bermuatan Nilai Humanis.” Kemudian, hasil analisis kuesioner kebutuhan pendidik kurang lebih sama dengan peserta didik, yaitu sangat membutuhkan buku pengayaan khusus teks eksplanasi yang memuat nilai karakter. Selain itu, prototipe buku pengayaan ini berisi 4 hal yaitu (1) kulit buku atas kulit depan buku dan kulit belakang buku, (2) bagian awal terdiri atas halaman judul, halaman prancis, halaman hak cipta, halaman prakata, halaman petunjuk membaca, halaman daftar isi dan halaman pesan penulis. (3) bagian isi terdiri atas konsep teks eksplanasi, hakikat nilai humanis, contoh teks eksplanasi bermuatan nilai humanis, tahap pramenulis, tahap menulis, tahap pascamenulis, tahap publikasi dan ringkasan yang sudah disesuaikan dengan aspek penyajian, kebahasaan dan keterbacaan, serta grafika, (4) bagian akhir terdiri atas daftar pustaka dan biodata penulis. Buku pengayaan ini juga telah memperoleh nilai dari ahli, yaitu: (1) persentase nilai pada aspek materi/isi sebesar 89,58%, (2) persentase nilai pada aspek penyajian sebesar 75%, (3) persentase nilai pada aspek bahasa dan keterbacaan sebesar 70,83%, dan (4) persentase pada aspek grafika sebesar 80%. Berdasarkan hasil dari penilaian ahli, buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis mendapatkan persentase skor 80% dan dianggap layak. Berdasarkan hasil uji validasi ahli terdapat saran, guna untuk memperbaiki prototipe buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan nilai humanis yaitu (1) pada aspek materi, terdapat saran untuk menggunakan bahasa sendiri dalam merumuskan materi, (2) pada aspek penyajian, terdapat saran untuk merevisi tampilan buku supaya mencerminkan teks eksplanasi juga nilai humanisnya, kemudian perlu mengganti warna yang lebih cerah dan buku yang terkesan ramai. Selain itu,sampul belakang juga perlu disesuaikan, (3) pada aspek bahasa dan keterbacaan, terdapat saran untuk menggunakan bahasa yang lebih komunikatif dan diksinya disesuaikan, (4) pada aspek grafika, terdapat saran untuk mengganti jenis huruf dan ukuran huruf lebih diperbesar. Berdasarkan saran dari hasil uji validasi oleh dosen ahli, dapat dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki prototipe. Sehingga, dapat menjadi buku pengayaan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, teks eksplanasi, muatan nilai humanis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:30
Last Modified: 05 Jan 2022 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47992

Actions (login required)

View Item View Item