KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN TEKNIK PREDICT ORGANIZE REHEARZE PRACTICE EVALUATE (PORPE) DAN TEKNIK EXTENDING CONSEPT THROUGHT LANGUAGE ACTIVITIES (ECOLA) PADA KELAS VIII


Aulia Nur Rahma Erwini, 2101416067 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN TEKNIK PREDICT ORGANIZE REHEARZE PRACTICE EVALUATE (PORPE) DAN TEKNIK EXTENDING CONSEPT THROUGHT LANGUAGE ACTIVITIES (ECOLA) PADA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI  INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN TEKNIK PREDICT ORGANIZE REHEARZE PRACTICE EVALUATE (PORPE) DAN TEKNIK EXTENDING CONSEPT THROUGHT  LANGUAGE ACTIVITIES (ECOLA) PADA KELAS VIII] PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN TEKNIK PREDICT ORGANIZE REHEARZE PRACTICE EVALUATE (PORPE) DAN TEKNIK EXTENDING CONSEPT THROUGHT LANGUAGE ACTIVITIES (ECOLA) PADA KELAS VIII) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi masih menjadi kesulitan bagi peserta didik. Proses memahami bacaan merupakan langkah yang sulit bagi peserta didik. Peserta didk diharapkan mampu memahami bacaan sehingga nantinya dapat mengidentifikasi informasi teks eksplanasi. Terdapat dua teknik membaca yang dapat diterapkan dalam memahami sebuah teks yaitu teknik membaca Predict Organize Rehearze Practice Evaluate (PORPE) dan teknik membaca Extending Consept Throught Language Activities (ECOLA). Teknik PORPE merupakan sebuah teknik membaca yang aktif dan mandiri untuk memahami dan mempelajari suatu teks. Dan teknik ECOLA merupakan teknik membaca yang digunakan dalam kegiatan membaca dengan mengintegrasikan keempat keterampilan dasar berbahasa untuk memcapai pemahaman dalam bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII efektif menggunakan teknik Predict Organize Rehearze Practice Evaluate (PORPE). 2) Apakah pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII efektif menggunakan teknik Extending Consept Throught Language Activities (ECOLA). 3) Pembelajaran manakan yang lebih efektif dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII menggunakan teknik Predict Organize Rehearze Practice Evaluate (PORPE) atau teknik Extending Consept Throught Language Activities (ECOLA). Serta tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII menggunakan teknik Predict Organize Rehearze Practice Evaluate (PORPE). 2) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII teknik Extending Consept Throught Language Activities (ECOLA). 3) Mendeskripsikan perbedaan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII menggunakan teknik Predict Organize Rehearze Practice Evaluate (PORPE) dan teknik Extending Consept Throught Language Activities (ECOLA). Penelitian dilakukan menggunakan desain comparison, dengan jenis matching pretes-posttest comparison group design. Desain ini terdiri atas dua kelas yang masing-masing menjadi kelas eksperimen dengan menerima perlakukan pembelajaran yang berbeda. Satu kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan teknik PORPE, dan yang satunya lagi menggunakan teknik ECOLA. Populasi kelas yang digunakan adalah seluruh kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII SMP/MTs, kemudian sampel untuk penelitian ini adalah kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII B dan VIII C. Sebelum melakukan penerapan perlakuan, kedua kelas melakukan pretest untuk mengukur kemampuan awal peserta didik dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi. Selanjutnya melakukan pembelajaran dengan menerapkan kedua teknik membaca yang sudah ditentukan dan dirancang. Setelah melakukan pembelajaran, peserta didik diberikan posttest untuk mengetahui hasil akhir peserta didik dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik membaca PORPE efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi karena sig (2tailed) adalah 0,000 sehingga < 0,05, teknik membaca ECOLA juga efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi karena sig (2tailed) adalah 0,000 sehingga < 0,05. Pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan teknik membaca Extending Consept Throught Language Activities (ECOLA) lebih efektif digunakan dibanding pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan teknik Predict Organize Rehearse Practice Evaluate (PORPE). Hal tersebut dikarenakan nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen teknik ECOLA adalah 83,33 sedangkan pada kelas eksperimen teknik PORPE rata-rata nilai yang didapat peserta didik ialah 77,78. Hal tersebut didukung dengan nilai rata-rata proses pembelajaran teknik ECOLA sebesar 90,275% dan rata-rata nilai sikap peserta didik sebesar 96,295%, sedangkan teknik PORPE memiliki rata-rata proses pembelajaran sebesar 88,875% dan rataan nilai sikap dengan presentase 95,37%. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah Bagi pendidik Bahasa Indonesia diharapkan dapat memilih teknik membaca yang lebih inovatif dan lebih menarik sehingga mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik. Pendidik dapat menjadikan teknik membaca Extending Consept Throught Language Activities (ECOLA) dan teknik membaca Predict Organize Rehearse Practice Evaluate (PORPE) sebagai alternatif dalam pembelajaran mengidentifikasi suatu teks, khususnya mengidentifikasi informasi teks eksplanasi. Hal tersebut agar peserta didik lebih baik lagi dalam memahami suatu teks yang dipelajari. Bagi pihak sekolah disarankan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dan lebih memajukan budaya literasi agar tingkat literasi peserta didik semakin membaik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan Gerakan literasi di sekolah. Bagi peneliti diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi atau acuan untuk penelitian selanjutnya. Selain itu diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mengidentifikasi informasi, teks eksplanasi, teknik PORPE, dan teknik ECOLA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:54
Last Modified: 04 Jan 2022 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47982

Actions (login required)

View Item View Item