PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS BERITA BOHONG BIDANG KESEHATAN
Nova Dwi Candra Septiani, 2101416066 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS BERITA BOHONG BIDANG KESEHATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS BERITA BOHONG BIDANG KESEHATAN)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Teks-teks pada pembelajaran bahasa Indonesia dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas belum ada yang menyajikan teks berita bohong, sedangkan pada kehidupan sehari-sehari pendidik dan peserta didik dihadapkan oleh banyaknya berita bohong yang ada di media sosial maupun media massa. Dari banyaknya bidang teks berita bohong, bidang kesehatan merupakah salah satu bidang yang dampaknya sangat meresahkan bagi pendidik maupun peserta didik dan kondisi saat ini baik di media sosial, media massa, maupun realitas kehidupan, kesehatan merupakan salah satu yang sedang dihadapi masyarakat karena adanya wabah virus corona. Sementara itu, kesadaran pendidik dan peserta didik dalam menggunakan buku pengayaan masih rendah. Untuk itu, pengembangan buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang kesehatan sangat perlu segera dilakukan agar dapat membantu peserta didik dan pendidik untuk mengenali teks berita bohong kesehatan. Hal tersebut, juga dapat menjadi solusi untuk mencegah penyebaran teks berita bohong bidang kesehatan. Berdasarkan paparan di atas, rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan membaca berita bohong bidang kesehatan; (2) bagaimana pengembangan prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang kesehatan; (3) bagaimana penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang kesehatan; dan (4) bagaimana perbaikan prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang kesehatan berdasarkan penilaian ahli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D), yang dilakukan dengan lima tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; dan (5) revisi desain. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas peserta didik kelas VIII SMP dari tiga sekolah, pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia SMP dari tiga sekolah, dan dosen ahli. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengisian angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari angket kebutuhan dan wawancara, menunjukkan bahwa buku pengayaan yang diinginkan oleh peserta didik kelas VIII SMP dan pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia SMP, yaitu buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang kesehatan yang menyajikan materi lengkap tentang teks berita bohong kesehatan dan membaca kritis untuk mengenali teks berita bohong dengan disajikan secara menarik, mudah dipahami, dan menggunakan bahasa yang komunikatif dan sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia, serta dalam buku pengayaan diharapkan memuat klarifikasi teks berita bohong, kata bijak pentingnya kesehatan, dan tips hidup sehat. Selain itu, peserta didik kelas VIII SMP dan pendidik bahasa Indonesia SMP juga menginginkan buku pengayaan yang berukuran B5 dengan banyak ilustrasi dan menggunakan warna yang cerah. Prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang kesehatan tersusun atas lima komponen, yaitu: (1) sampul; (2) bentuk fisik; (3) bagian awal; (4) bagian isi; dan (5) bagian akhir. Sampul depan menyajikan judul buku, ilustrasi, dan nama penulis, sedangkan pada sampul belakang menyajikan judul buku, gambaran buku, dan ilustrasi. Buku dicetak dengan ukuran B5 dengan kertas HVS 70 gram dan dijilid menggunakan soft cover. Bagian awal buku memuat halaman judul, halaman hak cipta, prakata, dan daftar isi. Bagian isi buku terbagi atas tiga bab, yaitu setiap bab dilengkapi dengan ilustrasi, contoh teks berita bohong kesehatan beserta klarifikasinya, kata bijak pentingnya kesehatan dan tips hidup sehat. Pada bab pertama berisi pengetahuan tentang dampak teks berita bohong kesehatan dan sanksi bagi penyebar teks berita bohong, bab kedua berisi pengetahuan tentang teks berita bohong kesehatan, dan bab ketiga berisi tentang pengetahuan tentang membaca kritis untuk mengidentifikasi teks berita bohong kesehatan. Sementara itu, bagian akhir buku memuat, daftar pustaka, glosarium, dan identitas penulis. Prototipe buku pengayaan tersebut, mendapat nilai kategori baik, dengan rerata nilai 82,3 untuk bagian awal buku, 77,9 untuk bagian isi buku, dan 78,1 untuk bagian akhir buku. Perbaikan yang dilakukan pada buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang kesehatan, yaitu memperbaiki judul buku, memperbaiki halaman hak cipta, memperbaiki judul pada BAB I, penataan ulang letak informasi kesehatan, memperbaiki warna yang mengganggu keterbacaan, menambah contoh teks berita benar, memperbaiki daftar pustaka. Buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang kesehatan hendaknya digunakan dengan semestinya, agar tujuan dari pengembangan buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang kesehatan dapat tercapai, yaitu dapat memberikan pengetahuan bagi pembaca tentang perbedaan teks berita bohong dan berita benar, serta cara mengidentifikasi teks berita bohong bidang kesehatan dengan membaca kritis. Sementara itu, untuk membantu mencegah penyebaran teks berita bohong bidang kesehatan, masih banyak cara yang bisa dilakukan selain dengan penelitian ini. Hendaknya, hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh peneliti lain, baik dari pendidikan, maupun nonpendidikan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Buku, Teks Berita Bohong, Bidang Kesehatan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > learning activity L Education > LT Textbooks |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | annisa dwi cahyaningtyas |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 07:47 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 07:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47980 |
Actions (login required)
View Item |