PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS BERITA BOHONG BIDANG SARA


Adni Rofiqoh, 2101416049 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS BERITA BOHONG BIDANG SARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN  MEMBACA TEKS BERITA BOHONG BIDANG SARA] PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS BERITA BOHONG BIDANG SARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam pembelajaran, buku pengayaan berfungsi penting untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Seperti halnya dalam pembelajaran membaca, diperlukan referensi untuk dapat meningkatkan keterampilannya. Namun, kesadaran pendidik dan peserta didik dalam menggunakan buku pengayaan masih sangat kurang. Sementara itu, dalam pembelajaran bahasa Indonesia, diantara 72 teks yang dibelajarkan dari jenjang Sekolah Dasar hingga Menengah belum ada teks mengenai berita bohong. Disisi lain, saat ini fenomena berita bohong masih marak terjadi baik di media sosial maupun media online. Fakta di lapangan pun menunjukkan bahwa ketersediaan buku pengayaan teks berita bohong masih sangat minim. Terlebih, belum adanya buku yang ramah dan sesuai untuk peserta didik. Kondisi tersebut menjadi hal yang penting untuk melakukan pengembangan membaca teks berita bohong. Teks berita bohong berisi informasi salah yang dapat menyesatkan pembacanya. Hal ini tentu sangat berpotensi menimbulkan perpecahan terutama berita bohong bidang SARA. Oleh sebab itu, dalam buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA diberikan muatan seputar keberagaman Indonesia dan toleransi. Hal ini dimaksudkan agar pembaca tidak hanya belajar mengenai berita bohong, melainkan juga mengenai keberagaman Indonesi serta dampak yang ditimbulkan dari berita bohong SARA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA; (2) menyusun prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA; (3) memaparkan hasil penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA; (4) melakukan perbaikan buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain. Data dalam penelitian ini adalah data kebutuhan peserta didik dan pendidik dan data validasi prototipe. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik Sekolah Menengah Pertama kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi (1) pengisian angket kebutuhan; (2) pengisian angket validasi prototipe; (3) wawancara semiterstruktur. Teknik analisis yang digunakan yakni dengan mengelompokkan data yang telah diperoleh menjadi dua, yaitu (1) data kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap viii buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA; (2) data validasi prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA, dikelompokkan menjadi lima aspek yaitu (1) aspek materi; (2) aspek penyajian materi; (3) aspek kebahasaan dan keterbacaan; (4) aspek grafika; (5) aspek muatan SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan). Adapun prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA terdiri atas empat kriteria yang meliputi: (1) kulit buku; (2) bagian awal; (3) bagian isi; (4) bagian akhir. Prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA selanjutnya diuji validitas oleh ahli pada masing-masing bidang. Adapun hasil penilaian didasarkan pada empat aspek, yaitu (1) aspek materi; (2) aspek penyajian materi; (3) aspek kebahasaan; (4) aspek kegrafikan. Pada aspek materi mendapatkan nilai sebanyak 87,5 dengan kategori sangat baik. Pada aspek penyajian materi mendapatkan nilai sebanyak 75 dengan kategori baik. Kemudian pada aspek kebahasaan mendapatkan nilai sebanyak 75 dengan kategori baik. Sedangkan pada aspek kegrafikan mendapatkan nilai sebanyak 85,2 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan saran dari dosen ahli, peneliti melakukan perbaikan terhadap buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA, yaitu (1) merujuk pada salah satu kompetensi dasar; (2) pemberian petunjuk penggunaan buku; (3) penambahan ilustrasi mengenai struktur teks berita bohong dan berita benar disertai dengan contoh teks. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti merekomendasikan beberapa saran. Bagi pendidik, dalam pembelajaran teks berita hendaknya pendidik memberikan pengenalan kepada peserta didik terkait berita bohong. Bagi peserta didik, peserta didik hendaknya dapat meningkatkan pengetahuan seputar berita bohong agar tidak mudah terprovokasi dengan narasi berita berita bohong. Bagi peneliti lain, peneliti menyarankan untuk peneliti dalam bidang pendidikan agar melakukan penelitian lebih lanjut guna menguji keefektifan buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang SARA sehingga nantinya dapat digunakan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, membaca, teks berita bohong, SARA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2022 06:53
Last Modified: 04 Jan 2022 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47977

Actions (login required)

View Item View Item