PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYAJIKAN GAGASAN DAN PENDAPAT DALAM TEKS EKSPOSISI BERMUATAN TOLERANSI BERAGAMA UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII


Indah Febriyanti, 2101416042 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYAJIKAN GAGASAN DAN PENDAPAT DALAM TEKS EKSPOSISI BERMUATAN TOLERANSI BERAGAMA UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101416042 - Febri Fe.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYAJIKAN  GAGASAN DAN PENDAPAT DALAM TEKS EKSPOSISI  BERMUATAN TOLERANSI BERAGAMA UNTUK PESERTA  DIDIK SMP KELAS VIII] PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYAJIKAN GAGASAN DAN PENDAPAT DALAM TEKS EKSPOSISI BERMUATAN TOLERANSI BERAGAMA UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Buku merupakan bagian penting dalam berlangsungnya pendidikan. Pemerintah dalam mendukung proses pembelajaran menerbitkan buku teks sebagai acuan wajib pembelajaran. Namun, buku teks yang diterbitkan oleh pemerintah masih susah dipahami, materi yang disajikan belum rinci, dan kegrafikan kurang menarik bagi peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik dan peserta didik di SMP Islam Al-Madina Semarang, SMPN 19 Semarang, dan SMPN 26 Semarang, diketahui bahwa peserta didik masih memiliki keterampilan menulis dalam menyajikan gagasan dan pendapat dalam bentuk teks eksposisi yang masih rendah. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran hanya menggunakan buku teks yang diberikan oleh pemerintah dan referensi dari internet. Untuk menunjang penggunaan buku teks, dibutuhkan buku pendamping berupa buku pengayaan. Buku pengayaan memuat tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian. Aspek kepribadian mengenai toleransi beragama sangat dibutuhkan dalam menghadapi intoleransi yang rentan di dunia pendidikan. Intoleransi merupakan cikal bakal terbentuknya radikalisme dan terorisme. Oleh karena itu pengembangan buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi yang bermuatan toleransi beragama diperlukan untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama kepada peserta didik sejak dini, sehingga terhindar dari sikap intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Tujuan dari penelitian ini yaitu:(1) mendeskripsikan analisis kebutuhan buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi bermuatan toleransi beragama untuk peserta didik kelas VIII; (2) menyusun prototipe buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi bermuatan toleransi beragama untuk peserta didik kelas VIII; (3) mendeskripsikan hasil uji ahli prototipe buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi bermuatan toleransi beragama untuk peserta didik kelas VIII; dan (4) memperbaiki prototipe buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi bermuatan toleransi beragama untuk peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dari Sugiyono yang dibatasi pada lima langkah, yaitu, (1) potensi dan masalah, (2)pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Dalam penelitian ini terdapat tiga subjek penelitian, yaitu peserta didik dan pendidik kelas VIII , serta dosen ahli. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas lima teknik, yaitu; 1) studi pustaka; 2) wawancara; 3) angket kebutuhan peserta didik; 4) angket kebutuhan pendidik; dan 5) angket uji validasi. Hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik dan pendidik membutuhkan pengembangan buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi bermuatan toleransi beragama. Hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik kemudian dirumuskan menjadi prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan. Prototipe buku pengayaan kemudian disusun sesuai hasil analisis kebutuhan dan prinsip-prinsip yang telah dirumuskan. Setelah prototipe disusun, kemudian prototipe diuji oleh dosen ahli. Uji validasi tersebut terdiri atas lima aspek, yaitu aspek materi atau isi memperoleh rata-rata 86.25% dengan kriteria sangat baik, aspek penyajian memperoleh rata-rata 81.25% dengan kriteria baik, aspek kebahasaan dan keterbacaan memperoleh rata�rata 79.16% dengan kriteria baik, dan aspek grafika memperoleh rata-rata sebesar 80% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti merekomendasikan saran, yaitu (1) peserta didik hendaknya dapat memanfaatkannya sebagai buku pendamping buku teks, (2) hendaknya pendidik menggunakannya sebagai acuan untuk mengembangkan bahan ajar, (3) sekolah perlu menyediakan buku-buku terkait dengan materi pembelajaran yang diintegrasikan dengan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dan (4)hendaknya penelitian ini dilanjutkan agar mengetahui keefektifannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku pengayaan; teks eksposisi; muatan toleransi beragama.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2022 06:38
Last Modified: 04 Jan 2022 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47975

Actions (login required)

View Item View Item