KEEFEKTIFAN MODEL DEMONTRASI DENGAN BERBANTUAN MEDIA WAYANG NAGIO DAN MEDIA ORIGAMI BUBU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA KELAS VII
Awang Ari Pangestu, 2101416040 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL DEMONTRASI DENGAN BERBANTUAN MEDIA WAYANG NAGIO DAN MEDIA ORIGAMI BUBU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL DEMONTRASI DENGAN BERBANTUAN MEDIA WAYANG NAGIO DAN MEDIA ORIGAMI BUBU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA KELAS VII)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Menulis diharapkan dapat melestarikan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat, baik nilai-nilai sosial, nilai moral, maupun nilai keagamaan. Namun, menulis masih dianggap sebuah momok yang menakutkan karena siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan kembali sebuah cerita.untuk itu dibutuhkan media dan teknik yang mampu memotivasi siswa. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) keefektifan penggunaan media wayang nagio dengan model demontrasi dalam pembelajaran menulis, (2) keefektifan penggunaan media Origami bubu dengan model demontrasi dalam pembelajaran menulis, dan (3) perbedaan keefektifan penggunaan media wayang nagio dan media origami bubu dengan model demontrasi dalam pembelajaran menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen The Randomized Pretest�Postest Control Group Design. Pengaruh perlakuan diperhitungkan melalui perbedaan antara pretes dengan postest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Institut Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan siswa kelas VII F Institut Indonesia dan jumlah 34 siswa yang dipilih berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel penggunaan media wayang nagio dan origami bub untuk meningkatkan pembelajaran menulis dan variabel menulis dengan model demontrasi Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data awal yang meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan analisis data akhir yang menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan media wayang nagio dalam pembelajaran menulis teks fabel sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis pada kelas eksperimen. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan dengan media wayang nagio mencapai 60,79% dan setelah diberi perlakuan meningkat menjadi 77,85%. Nilai rata-rata kelas kontrol sebelum diberi perlakuan dengan media fotonovela mencapai 58,15% dan setelah diberi perlakuan menjadi68,65%. Rata-rata nilai setelah diberi perlakuan meningkat, tetapi tidak setinggi menggunakan media wayang. Guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan media wayang nagio dalam pembelajaran bercerita. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat membantu guru untuk memecahkan masalah yang sering muncul dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas sehinga berdampak positif bagi perkembangan pendidikan yang lebih berkualitas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | annisa dwi cahyaningtyas |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 06:18 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 06:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47974 |
Actions (login required)
View Item |