KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI ANTIHOAKS MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW II DAN MODEL CO-OP CO-OP PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA


Moechamad Faisal Pratama Putra, 2101416030 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI ANTIHOAKS MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW II DAN MODEL CO-OP CO-OP PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI  TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI ANTIHOAKS MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW II DAN MODEL CO-OP CO-OP  PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA] PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI ANTIHOAKS MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW II DAN MODEL CO-OP CO-OP PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi masih menjadi salah satu hal yang penting karena memiliki peran sebagai alat komunikasi. Mengonstruksi teks merupakan salah satu keterampilan yang kompleks. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran megonstruksi dimulai dari penentuan ide pokok hingga menjadi teks yang utuh sesuai dengan struktur dan kebahasaan, sehingga makna atau informasi dalam teks tersebut tersampaikan kepada pembaca. Adanya hal tersebut dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi memerlukan model pembelajaran yang efektif. Model yang digunakan adalah model Jigsaw II dan model Co-Op Co-Op. Karakteristik model Jigsaw II mendorong peserta didik untuk berkelompok secara heterogen yang terdiri atas tim ahli beranggotakan para ahli tiap-tiap kelompok yang kemudian berdiskusi da menyebarkan keseluruhan topik kepada anggota kelompoknya, sedangkan karakteristik model Co-Op Co-Op berorientasi pada tugas dimana peserta didik mengendalikan bagaimana mempelajari bahan yang ditugaskan serta menekankan pada situasi diskusi dimana kelompok diberikan hak secara individual untuk saling memberikan gagasan, menilai, dan mengkritik terhadap teman lainnya. Rumusan masalah yang akan dikaji yaitu 1) Bagaimana keefektifan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks menggunakan model Jigsaw II pada peserta didik kelas X SMA, 2) Bagaimana keefektifan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks menggunakan model Co-Op Co-Op pada peserta didik kelas X SMA, 3) Bagaimana perbedaan keefektifan antara pembelajaran mengostruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks dengan model Jigsaw II dengan pembelajaran mengostruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks dengan model Co-Op Co-Op pada peserta didik kelas X SMA Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen kuasi atau quasi experimental. Desain eksperimen kuasi yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Kelompok yang digunakan ditentukan melalui tenik purposive sampling atau teknik pernarikan sampel bertujuan. Populasi dalam pnelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Semarang. Sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA-5 sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan berupa pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks menggunakan model Jigsaw II dengan jumlah responden 31 peserta didik dan kelas X MIPA-6 sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan berupa pembelajaran mengonstruksi vii teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks menggunakan model Co-Op Co-Op dengan jumlah responden 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw II efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks sebab sig. (2- tailed) 0,035 < 0,05, model pembelajaran Co-Op Co-Op efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks karena sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Model pembelajaran Co-Op Co-Op lebih efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks karena nilai rata-rata nilai tes akhir (posttest) yaitu 77,71 dan rata-rata perolehan nilai sikap memperoleh kategori sangat baik (A) dan baik (B), sedangkan pada kelompok Jigsaw II memiliki rata-rata nilai tes akhir (posttest) yaitu 73,35 dan rata-rata perolehan nilai sikap memperoleh kategori sangat baik (A) dan baik (B). Saran yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk dapat meningkatkan kualitas pebelajaran di sekolah adalah guru dapat menerapkan model Jigsaw II dan model Co-Op Co-Op pada pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks sebagai alternatif pemilihan model untuk pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi. Penerapan model pembelajaran harus disertai dengan inovasi dan kreasi dengan memperhatikan kondisi peserta didik sehingga tujuan pembelajaran di sekolah dapat tercapai. Bagi peniliti selanjutnya perlu dilaksanakan penelitian lanjutan mengenai model pembelajaran Jigsaw II dan Co-Op Co-Op pada pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi bermuatan nilai antihoaks yang lebih baik dan perlu dilaksanakan penelitian lanjutan dengan variabel yang lain dan membandingkan model pembelajaran Jigsaw II dan model Co-Op Co-Op dengan model pembelajaran inovatif yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mengonstruksi, teks eksposisi, Jigsaw II, Co-Op Co-Op, dan nilai antihoaks.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:27
Last Modified: 04 Jan 2022 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47966

Actions (login required)

View Item View Item