ANALISIS UNSUR, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA INSPIRATIF DALAM KOMPAS.COM DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Dwi Hidayati Mas’adah, 2101416019 (2020) ANALISIS UNSUR, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA INSPIRATIF DALAM KOMPAS.COM DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS UNSUR, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN  TEKS BERITA INSPIRATIF DALAM KOMPAS.COM  DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI ALTERNATIF  SUMBER BELAJAR PADA PESERTA DIDIK  KELAS VIII SMP] PDF (ANALISIS UNSUR, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA INSPIRATIF DALAM KOMPAS.COM DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peran pemilihan sumber belajar sangat diperlukan. Perkembangan teknologi informasi saat ini bisa digunakan pendidik untuk mempermudah menyajikan sumber belajar kepada peserta didik. Media massa daring merupakan bentuk teknologi yang bisa diakses termasuk mengetahui perkembangan informasi berita. Teks berita bisa dijumpai dalam media massa daring Kompas.com. Teks berita yang disajikan harus memuat nilai-nilai positif yang bersifat menginspirasi. Teks berita inspiratif dalam Kompas.com bervariatif untuk dijadikan sebagai alternatif sumber belajar. Teks yang akan dijadikan sebagai sumber belajar harus diseleksi terlebih dahulu untuk mengetahui kelayakan teks sebagai alternatif sumber belajar. Analisis kelayakan teks berita inspiratif sebagai alternatif sumber belajar harus memenenuhi kriteria ketersediaan, kriteria kesesuaian, dan kriteria kemudahan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) bagaimanakah kesesuaian unsur, struktur, dan kebahasaan teks berita inspiratif dalam Kompas.com, 2) bagaimanakah kesesuaian isi inspiratif dalam teks berita inspiratif Kompas.com, dan 3) bagaimanakah kelayakan teks berita inspiratif dalam Kompas.com sebagai alternatif sumber belajar pada peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan deksriptif kualitatif. Penelitian ini menganalisis kelayakan teks berita inspiratif dalam Kompas.com sebagai alternatif sumber belajar. Data dari penelitian ini yaitu teks berita inspiratif dalam Kompas.com edisi Januari-Maret 2020 sebanyak sepuluh judul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan simak catat. Dalam kegiatan analisisnya menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini, yaitu pertama, tujuh teks berita inspiratif dalam Kompas.com yang memenuhi kesesuaian unsur, struktur, dan kebahasaan. Kedua, terdapat sepuluh teks berita inspiratif yang memenuhi kesesuaian isi inspiratif. Ketiga, terdapat tujuh dari sepuluh teks berita inspiratif dalam Kompas.com yang layak dijadikan sebagai alternatif sumber belajar bagi peserta didik kelas VIII SMP. Teks tersebut adalah 1) SMK NU Banat Kudus Raih Juara Ajang Fashion Internasional di Singapura; 2) Kemah Literasi Kaltara 2020, Konsolidasikan Gerakan Literasi; 3) Siswa SMP Ponorogo Bikin Alat Pengaman Sepeda Motor dengan KTP dan SIM, Simak Caranya; 4) Pelajar SMP asal Cianjur Ini Juara Kontes Robot Internasional 2020; 5) Lulus Cum Laude, Suyoko Jadi Orang Pertama di Kampungnya yang Kuliah di UGM; 6) Festival Sains dan Budaya 2020, Menggebrak Stigma Peringkat Bawah PISA Siswa Indonesia; dan 7) Inspiratif, SD Negeri Kulati di Wakatobi Ajarkan Peduli Lingkungan Sejak Dini. Teks berita inspiratif yang tidak layak dijadikan sebagai alternatif sumber belajar, yaitu 1) Perkuat STEAM, Untar Gelar Kompetisi dan Pelatihan Robotik SD dan SMP; 2) Penghargaan Antikorupsi Novel jadi Motivasi bagi Pegawai KPK; dan 3) Sepatu Asal Bandung, Pijakbumi Raih Penghargaan Bergengsi di Italia. Saran dalam penelitian ini berguna untuk peserta didik, pendidik, dan peneliti lain. Bagi peserta didik bisa digunakan sebagai alternatif sumber belajar sehingga peserta didik dapat memahami materi secara utuh pada materi unsur�unsur, struktur, dan kebahasaan yang terdapat dalam teks berita. Pendidik dapat menggunakannya sebagai sebagai contoh dan pedoman dalam memilih sumber belajar dan saran bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut dan menginovasikan penggunaan teks berita inspiratif dalam media massa daring untuk dijadikan sebagai alternatif sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks berita inspiratif, media massa daring, dan sumber belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:42
Last Modified: 04 Jan 2022 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47961

Actions (login required)

View Item View Item